Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 12:53 WIB

Meroket 169%, Akhirnya Saham Smartfren Dibekukan

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menjatuhkan pembekuan atau suspensi terhadap saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Sebelumnya BEI sudah memberikan peringatan dengan memasukannya dalam daftar saham yang bergerak di luar kewajaran (unusual market activity/UMA).

BEI menjelaskan penjatuhan suspensi atas saham FREN hari ini dalam rangka cooling down setelah sebelumnya terjadi peningkatan harga yang signifikan. Suspensi juga dijatuhkan untuk perdagangan Waran Seri II FREN-W.

"Penghentian sementara perdagangan saham FREN dan FREN-W tersebut dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai," kata Kadiv Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dalam keterbukaan informasi, Jumat (15/2/2019).



Jika dilihat riwayatnya saham FREN dalam waktu sebulan sudah meroket 169%. Pada 11 Februari 2019, BEI sudah menetapkan saham FREN dalam pengawasan.

Namun tetap saja saham ini terus melejit. Pada perdagangan kemarin saham FREN melejit 32,66% ke posisi Rp 264.

BEI pun meminta seluruh pelaku pasar untuk mempertimbangkan dengan matang untuk melakukan transaksi saham FREN dan memperhatikan seluruh informasi yang diterbitkan perusahaan. Sebab salah satu hal yang menggerakkan saham FREN adalah isu rencana mau diakuisisi oleh Indosat.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed