Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 12:30 WIB

Perusahaan Investasi Sandiaga Umumkan Laba Rp 1,1 Triliun

Danang Sugianto - detikFinance
Sandiaga Salahudin Uno. Foto: Ari Saputra Sandiaga Salahudin Uno. Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) mengumumkan kinerja keuangannya di kuartal I-2019. Hasilnya perusahaan yang dibangun oleh Sandiaga Uno bisa mengatongi laba bersih Rp 1,1 triliun.

Capaian itu meningkat cukup drastis jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Tercatat pada kuartal I-2018 emiten berkode saham SRTG ini mengalami kerugian hingga Rp 1 triliun lebih.

"Kami senang melihat bahwa investor ekuitas mengakui potensi pertumbuhan dan nilai perusahaan-perusahaan ini. Sebagai pemegang saham jangka panjang, kami terus fokus pada kekuatan fundamental perusahaan-perusahaan ini dan memberikan dukungan. Ke depannya, setelah pemilihan presiden berjalan dengan lancar dan ketidakpastian mereda dari pasar, kami optimistis perusahaan portofolio ini akan mengalami tahun yang baik pada masa mendatang," kata Presiden Direktur Saratoga Michael Soeryadjaya dalam keterangan tertulis, Senin (29/4/2019).

Perusahaan menjelaskan peningkatan laba bersih, meskipun belum direalisasikan, sebagian besar berasal dari naiknya harga saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Hal ini menandakan pemulihan portofolio Saratoga dari kuartal sebelumnya.


Peningkatan portofolio itu ditegaskan perusahaan mengungguli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik 4% dalam periode yang sama.

Pada Februari, Saratoga juga telah meluncurkan Penawaran Tender Sukarela (Voluntary Tender Offer) untuk saham MPMX. Alhasil, Saratoga membeli 160 juta lembar saham MPMX dan resmi menjadi pemegang saham mayoritas.

"Penawaran Tender Sukarela adalah upaya untuk memperkuat portofolio investasi kami di sektor konsumen. MPMX memainkan peran penting dalam portofolio konsumen dan kami berharap dapat bekerja sama dengan manajemen MPMX untuk pencapaian yang optimal dan maju bersama-sama," jelas Michael.

(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed