Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 14:34 WIB

Danamon Resmi Dicaplok Bank Jepang, Transaksinya Tembus Rp 52 T

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dok. Bank Danamon Foto: Dok. Bank Danamon
Jakarta - Hari ini perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) diwarnai transaksi jumbo dengan total nilai transaksi mencapai Rp 52 triliun.

Transaksi pertama terkait proses balik nama pembelian saham Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) oleh bank Jepang MUFG Ltd senilai Rp 49,61 triliun.

Mengutip data perdagangan RTI, transaksi terjadi pada pukul 09.00 waktu JATS sebanyak 5,17 miliar lembar saham pada harga Rp 9.590 lewat perusahaan perantara perdagangan saham PT Mandiri Sekuritas (CC).


Selain itu, hari ini juga ada perdagangan saham di pasar negosiasi atas saham PT Bank Nasional Parahyangan Tbk (BBNP) sebanyak 730 juta lot saham pada harga Rp 4.088, sehingga nilai total transaksi tercatat Rp 2,97 triliun. Transaksi tersebut juga masih terkait Bank Danamon.

Dengan adanya transaksi terkait akuisisi Bank Danamon tersebut, sepanjang paruh pertama perdagangan saham hari ini tercatat telah terjadi 96.489 kali transaksi dengan nilai Rp 57 triliun.


Seperti diketahui Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) telah resmi meningkatkan kepemilikan saham di Bank Danamon Indonesia. Perusahaan asal Jepang ini akhirnya menguasai 40% saham Danamon dan menjadi pemegang saham pengendali.

Sementara secara langsung MUFG Bank memiliki 7,91% saham BNP. MUFG Bank juga menggenggam saham BNP melalui anak usahanya ACOM CO.Ltd yang memegang 67,59% saham BNP. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com