Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 23:15 WIB

Garap Proyek WiFi Garuda, Mahata Dapat Suntikan Rp 294 M

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Tangerang - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi (Mahata) untuk menyediakan WiFi di pesawat. Kerja sama ini memiliki durasi 15 tahun dengan nilai US$ 241,9 juta atau sekitar Rp 3,46 triliun.

Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto dalam paparannya menjelaskan, manajemen yakin piutang yang timbul dari transaksi ini akan mengalir ke Garuda Indonesia Group. Pasalnya, Mahata merupakan startup yang telah memiliki kontrak kerja sama dengan berbagai perusahaan yakni Lufthansa System, Lufthansa Technik dan Inmarsat.

"Kewajiban Mahata supaya sustain, tentunya bertanggung jawab menyediakan pelayanan dan menanggung biaya pengisian konten," katanya dalam public expose di Hanggar GMF Aero Asia, Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Rabu (8/5/2019).


"Melalui kerja sama dengan partner-partnernya harus bisa menyediakan tenaga kompeten, dan bertanggung jawab apabila ada kerusakan di pesawat," tambahnya.

Dia mengatakan, Mahata juga harus memastikan layanan bisa terhubung dengan baik sehingga menciptakan pendapatan.

"Dan menjamin terhubung dengan baik, terkoneksi dengan baik, dan beroperasi sehingga bisa dinikmati pelanggan dan penghasilan revenue yang tadi dilakukan sharing," ujarnya.

Iwan meyakini hal itu bisa diwujudkan oleh Mahata, apalagi Mahata bagian dari Global Mahata Group dengan nilai bisnis US$ 640,5 juta.


Sejalan dengan itu, dia menyatakan, untuk mewujudkan penyediaan layanan WiFi ini Mahata menggandeng sejumlah investor untuk menanam modal.

Dalam keterangan tertulis Garuda Indonesia disebutkan, untuk menyediakan layanan internet, pada 8 April 2019 lalu Mahata mendapat suntikan modal US$ 21 juta atau setara Rp 294 miliar (kurs Rp 14.000) dari Well Vintage Enterprise FZE Dubai. Well Vintage Enterprise FZE adalah perusahaan konsultan manajemen dan keuangan. Perusahaan ini berdiri pada 2007 dengan kantor pusat pertama di Singapura. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed