Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Mei 2019 18:11 WIB

Dewan Standar Akuntansi Mau Sidang Bahas Laporan Keuangan Garuda

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Mardiasmo menjelaskan pihak IAI akan mengundang dewan standar akuntansi untuk pembahasan laporan keuangan Garuda.

"Kita baru mau undang dewan standar akuntansi, saya sebagai ketua mengundang karena akan menyiapkan semuanya. Karena dewan standar akan memberikan hasil pembahasan," kata Mardiasmo di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Dia menjelaskan nantinya juga akan digelar sidang, membaca secara detail transaksi, perjanjian kerja sama.

"Kan tidak mungkin dewan standar hanya tahu dari koran. Itu nanti setelah rapat dewan standar selesai tidak hanya satu tim setelah itu akan kita undang dewan pimpinan nasional IAI," imbuh dia.


Mardiasmo yang juga wakil menteri keuangan mengatakan pihak IAI juga akan melihat laporan keuangan secara keseluruhan. Mulai dari persiapan hingga persetujuannya akan diperiksa.

Sebelumnya disebut ada yang tak beres dalam laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Ada piutang yang dimasukkan ke pendapatan sehingga BUMN ini mengantongi laba di 2018.


Piutang tersebut berasal dari kerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi untuk pemasangan layanan konektivitas (onboard wifi) dan hiburan pesawat. Nilainya mencapai US$ 239,94 juta atau sekitar Rp 3,36 triliun.

Mekanisme kerja sama itu diminta untuk dijelaskan ke publik sebab dianggap ada yang aneh dalam kerjasama tersebut. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com