Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 18 Mei 2019 21:44 WIB

Investasi Saham Makin Mudah Bagi Pemula, Bisa Pantau via Online

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Jakarta - Investasi saham semakin hari kian mudah, bahkan bagi seorang investor pemula sekalipun. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengenalkan fasilitas AKSes KSEI yang merupakan sarana akses informasi melalui jaringan internet, ini diperuntukkan bagi investor untuk memonitor posisi dan mutasi efek miliknya yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi menjelaskan setiap Investor berhak untuk memperoleh akses atas fasilitas ini melalui Pemegang Rekening KSEI, dimana investor terdaftar sebagai nasabah. KSEI tidak mengenakan biaya apapun, baik kepada Pemegang Rekening KSEI atau investor.

"Sejak tahun 2016, KSEI mengembangkan AKSes Next-G untuk memudahkan investor dalam memantau portofolio investasinya di pasar modal. Dengan akses versi lama, apabila investor mau login maka harus menunggu dahulu dokumen fisik berupa Kartu AKSes dan Pin Code, yang disampaikan oleh Pemegang Rekening KSEI ke masing-masing nasabahnya," kata Friderica dalam keterangannya, Sabtu (18/5/2019).

Registrasi sendiri dilakukan dengan menggunakan dokumen fisik memiliki beberapa kekurangan seperti potensi keterlambatan dan kehilangan cukup besar, kemudian peran kartu AKSes sangat vital dalam membawa informasi SID, karena nomor SID tercetak di Kartu AKSes, sehingga informasi nomor SID tersebut kepada investor pun akan terhambat apabila investor belum menerima kartu akses.


Untuk itu, lanjut Friderica, proses registrasi pada AKSes Next-G diubah menjadi melalui email yang didaftarkan investor pada partisipan. Seluruh informasi, mulai dari aktivasi akun pada AKSes Next-G hingga reset password akan dilakukan melalui email.

Email yang digunakan oleh investor adalah email yang didaftarkan kepada Perusahaan Efek atau Bank Kustodiannya. Jika terdapat lebih dari satu email yang didaftarkan, maka investor dapat memilih salah satu dari email tersebut.

Dia memaparkan kelebihan dari penggunaan email antara lain penyampaian informasi lebih cepat, target informasi lebih akurat karena disampaikan langsung pada investor, kartu AKSes dan SID berbentuk digital (e-card) sehingga tidak memerlukan resource untuk proses pencetakannya.

Selain itu, validitas email sangat vital sebagai sarana penyampaian informasi. Untuk itu, sangat penting bagi partisipan untuk menginformasikan alamat e-mail yang valid kepada KSEI sesuai informasi yang diberikan oleh nasabah.

Mengapa email investor yang valid penting. Ada sejumlah alasan yakni menyampaikan informasi registrasi AKSes, menyampaikan SID, salah satu syarat pembuatan akun AKSes, dan sarana komunikasi utama


"Salah satu fitur utama fasilitas AKSes adalah menu untuk memantau portofolio investasi milik investor. Menu tersebut di fasilitas AKSes Next-G tersedia pada 'Portofolioku'. Jika di AKSes lama menunya masih sulit untuk diakses karena data tidak terkonsolidasi dalam 1 layar, maka di AKSes Next-G investor lebih mudah memantau portofolio investasinya karena ditampilkan dalam 1 layar," ungkapnya.

Data yang ditampilkan berbentuk grafik dan tabel sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dilihat. Fasilitas AKSes Next-G juga menyediakan fitur 'Kalkulator Investasi' yang dapat digunakan investor untuk menghitung potensi keuntungan investasi milik investor.


Investasi Saham Makin Mudah Bagi Pemula, Bisa Pantau via Online
(idr/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed