Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 16:25 WIB

BPK Tunggu Dewan Standar Akuntansi soal Laporan Keuangan Garuda

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Laporan keuangan Garuda yang ditolak oleh dua komisarisnya masih belum menemukan titik terang. Menurut Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara, pihaknya akan menunggu hasil keputusan dari Dewan Standar Akuntansi.

Moermahadi menjelaskan, pihak Garuda Indonesia harus menyampaikan laporannya di hadapan Dewan Standar Akuntansi. Selanjutnya, apabila hasilnya sudah ditemukan maka BPK akan memberikan rekomendasi tindak lanjut pada Kementerian Keuangan jika adanya pelanggaran.

"Ya nanti mereka kan harus bicara dengan dewan standar (dewan standar akuntansi) dulu. Dengan dewan standar, habis itu nanti BPK biasanya merekomendasikan ke Menteri Keuangan misalnya kalau ada pelanggaran di laporan keuangan tersebut," jelas Moermahadi usai menghadiri sidang paripurna dengan DPD RI, di Jakarta, Selasa (28/5/2019).


Sejauh ini, Moermahadi belum bisa memberikan pendapat terkait laporan keuangan Garuda karena keterlibatannya dalam Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebagai Ketua Dewan Penasihat.

"Nggak boleh saya berpendapat, saya di IAI, ketua IAI-nya jadi nggak boleh berpendapat. Nanti saja. Nanti akan diumumkan oleh dewan standar," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua IAI Mardiasmo menjelaskan pihak IAI akan mengundang dewan standar akuntansi untuk pembahasan laporan keuangan Garuda.

"Kita baru mau undang dewan standar akuntansi, saya sebagai ketua mengundang karena akan menyiapkan semuanya. Karena dewan standar akan memberikan hasil pembahasan," kata Mardiasmo di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (9/5/2019).


Mardiasmo menjelaskan, nantinya juga akan digelar sidang, membaca secara detail transaksi, perjanjian kerja sama.

"Kan tidak mungkin dewan standar hanya tahu dari koran. Itu nanti setelah rapat dewan standar selesai tidak hanya satu tim setelah itu akan kita undang dewan pimpinan nasional IAI," imbuh dia.

Mardiasmo yang juga wakil menteri keuangan mengatakan pihak IAI juga akan melihat laporan keuangan secara keseluruhan. Mulai dari persiapan hingga persetujuannya akan diperiksa. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed