Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Jun 2019 21:00 WIB

Laporan Keuangan Garuda Janggal, Sri Mulyani Mau Panggil Auditornya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Erwin Dariyanto/detikcom Foto: Erwin Dariyanto/detikcom
Jakarta - Kementerian Keuangan saat ini sudah memeriksa kantor akuntan publik terkait laporan keuangan PT Garuda Indonesia tahun 2018.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan laporan keuangan Garuda Indonesia sudah dilakukan pengawasan dan pembinaan terhadap kantor akuntan publik.

"Laporan keuangan Garuda tidak ada gimana-gimana ya. P3K itu yang kita lakukan adalah pengawasan terhadap dan pembinaan terhadap kantor akuntan publik sudah melihat apakah mereka melaksanakan fungsinya sesuai dengan peraturan yang ada," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Dia mengatakan, Kemenkeu juga mengawasi standar akuntansi yang digunakan oleh kantor akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan. Sri Mulyani pun menyatakan akan memanggil auditor bila tak mengikuti prosedur.

"Standar akuntansinya yang dipakai, jadi kalau mereka tidak melakukan sesuai itu, nanti kita akan panggil mereka," jelas dia.


Sebelumnya Kementerian Keuangan melalui Sekretariat Jenderal (Setjen) melakukan pemeriksaan terhadap kantor akuntan publik (KAP) yang mengaudit laporan keuangan milik Garuda Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto mengaku pihaknya masih berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai sanksi yang akan diberikan kepada KAP dan Garuda Indonesia sendiri.

Dia mengaku tidak bisa memberikan sanksi kepada KAP begitu saja lantaran Garuda Indonesia merupakan perusahaan publik atau sebagian sahamnya dimiliki oleh masyarakat.

dapun KAP yang dimaksud adalah Tanubrata Sutanto Brata Fahmi Bambang & Rakan Member of BDO Internasional.

"Kesimpulannya ada dugaan yang berkaitan dengan pelaksanaan audit itu belum sepenuhnya mengikuti standar akuntansi yang berlaku," kata Hadiyanto di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan.

(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed