Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 13:18 WIB

Ini Investasi yang Cocok untuk 'Habiskan' Gaji ke-13

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah telah mencairkan gaji ke 13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan pada 2 Juli lalu. Kementerian Keuangan menyebut memang pengiriman gaji ke -13 belum terjadi secara merata, namun dipastikan proses akan segera selesai.

Kira-kira instrumen investasi apa yang cocok untuk PNS yang baru dapat gaji ke -13 ini?

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan gaji ke -13 juga dapat digunakan untuk menabung dan berinvestasi. Hal ini agar uang 'kaget' tersebut bisa tetap berkembang ke depannya, jadi tak hanya habis begitu saja.

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai 'tempat parkir' uang gaji ke -13. "Instrumen investasi itu yang cocok bukan yang menarik ya. Tapi untuk seseorang itu adalah yang sesuai dengan karakter dan kemampuan emosi dalam menerima risiko," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Rabu (3/7/2019).


Dia mengungkapkan, dalam berinvestasi juga harus diperhatikan, misalnya orang yang konservatif masuk ke pasar saham, atau yang berjiwa agresif masuk ke deposito. Hal ini akan kurang sesuai mulai dari imbal hasil sampai penempatan dananya.

"Bila sudah tahu apa karakter kita, bisa kita cari yang sesuai. Kalau karakternya konservatif tentu bisa mulai di logam mulia atau obligasi. Ini jadi lebih cocok," imbuh dia.


Kemudian untuk yang agresif tentu cocok di saham atau pasar derivatif yang lebih berisiko. Bisa juga membuka atau berinvestasi di bisnis tertentu.

Menurut Andy, imbal hasil yang ditawarkan tentu bervariasi. "Tapi yang jelas, imbal hasil harus ditargetkan lebih tinggi dibandingkan angka inflasi per tahun," jelas dia.

Simak Video "Gaji TNI Diusulkan Naik, Begini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com