Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 13:15 WIB

Kantongi Dana Obligasi Rp 500 M, Waskita Beton Bangun Pabrik Baru

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk beberapa waktu lalu telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I. Obligasi Waskita Beton Precast Tahap I Tahun 2019 itu memberikan dana segar sebesar Rp 500 miliar.

Dana tersebut pun telah cair sejak 5 Juli 2019. Dana obligasi itu akan menopang kegiatan investasi perusahaan.

"Penerbitan obligasi ini sesuai dengan kebutuhan investasi jangka menengah dan panjang perusahaan," kata Direktur Utama Waskita Beton Precast Jarot Subana dalam keterangan tertulis, Senin (15/7/2019).


Menurut Jarot obligasi menjadi alternatif pendanaan lain dari perbankan yang selama ini digunakan oleh perusahaan dan memiliki jatuh tempo yang lebih panjang.

Nantinya, sekitar 40% dari hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan sebagai modal kerja perusahaan untuk mendukung penyelesaian proyek-proyek eksisting.

"Dengan adanya dana obligasi ini, kami akan menyasar proyek-proyek yang tengah dibidik pada proyek jalan tol, jalan jembatan, dan energi. Sehingga dapat meningkatkan nilai kontrak baru," tambahnya.

Lalu 60% untuk investasi pembangunan pabrik yang rencananya akan dibangun di Penajam serta investasi penambahan kapasitas pabrik eksisting di daerah Bojonegara dan Gasing. Obligasi Berkelanjutan tahap selanjutnya yaitu senilai Rp 1,5 triliun direncanakan paling cepat pada triwulan III-2019.


Sebelumnya pada masa penawaran awal, obligasi berkelanjutan I Tahap I ini oversubscribe, di mana dari total permintaan yang masuk sebanyak Rp 1,091 triliun atau 2,18x dari jumlah yang ditawarkan sebanyak Rp 500 miliar.

Obligasi yang diterbitkan oleh WSBP mendapat peringkat BBB+ (triple B plus) atau termasuk ke dalam investment grade. Ini menunjukkan bahwa adalah WSBP dianggap memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya. Selain itu, jaminan obligasi WSBP berbentuk tanpa jaminan khusus (clean basis).

Sebagai informasi, WSBP melakukan periode penawaran awal Obligasi Berkelanjutan I Tahap I sebanyak-banyaknya sebesar Rp 500 miliar dengan tenor 3 tahun dan pembayaran bunga setiap triwulan (dengan basis 30/360). Masa penawaran awal (bookbuilding) pada 29 Mei - 18 Juni 2019 dan masa penawaran umum pada 28 Juni-2 Juli 2019. Ini merupakan bagian dari program Obligasi Berkelanjutan I dengan nilai sebesar Rp 2 triliun.

Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com