Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 30 Agu 2019 16:46 WIB

Direksi dan Komisaris PGN Dirombak, Dirutnya Tetap

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Perombakan Direksi dan Komisaris PGN  (Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance) Foto: Perombakan Direksi dan Komisaris PGN (Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance)
Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) siang ini, Jumat (30/8/2019). Salah satu agenda rapat ialah pergantian pengurus perusahaan.

Hasil RUPSLB memutuskan perubahan susunan direksi dan komisaris perusahaan. RUPSLB memberhentikan Komisaris M Ikhsan, Direktur Keuangan Said Reza, Direktur Komersial Danny Pradipta, dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi Dilo Seno Widagdo.

Kemudian mengangkat Redy Ferryanto sebagai Direktur Infrastruktur dan Teknologi, Arie Nobelta Kaban sebagai Direktur Keuangan, Dilo Seno Widagdo sebagai Direktur Komersial, dan Christian H Siboro sebagai Komisaris Independen.


Sementara, Gigih Prakoso tetap menjabat Direktur Utama PGN.

"Ini wewenang pemegang sahan seri A tentunya ada alasan untuk itu, ini merupakan hasil review seri A," kata Gigih Prakoso.

Kemarin, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, Kementerian BUMN belum mengusulkan pergantian direksi. Kementerian sendiri biasanya mengusulkan perubahan komisaris.

"Dari kita nggak (perubahan), dari kita lebih banyak komisaris. Kalau komisaris dari stakeholders, kaya kemarin bank, ada stakeholders Kemenkeu. Kemenkeu ganti, kita ganti," katanya di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Kamis (29/8/2019).


Namun, patut diketahui, di PGN ada sejumlah pemangku kepentingan terlibat. Salah satunya, PT Pertamina (Persero) selaku pemegang saham mayoritas.

Pertamina, kata dia, bisa mengusulkan perubahan susunan pengurus PGN. Terkait hal ini, ia meminta untuk ditanyakan langsung ke Pertamina.

"Kan Pertamina pemegang saham. Negara satu saham dwi warna, pemegang sahamnya kan Pertamina yang 65%. Bisa saja Pertamina mengusulkan," jelasnya.

Simak Video "Eks Dirut BRI Tolak Dirombak Jadi Bos BTN"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com