Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 18:33 WIB

PSSI Terbitkan 402 Juta Saham Baru, 80% Buat Beli Kapal

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 402.688.000 lembar atau sebesar 8,00% dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Sebanyak 80% dana dari hasil penerbitan saham baru akan digunakan untuk membeli 1 kapal kargo curah (Motor Vessel/MV) senilai US$ 7,5 juta atau setara Rp 105,35 miliar (kurs Rp 14.000).

Kapal MV kelas handysize itu dibeli dari perusahaan asal Singapura, Convivial Navigation Co. Pte. Ltd. Pembayaran ditentukan 20% secara tunai dan 80% dengan saham PSSI.


Penerbitan saham baru itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilakukan hari ini. KJPP Rengganis, Hamid & Rekan (KJPP RHR) yang ditunjuk sebagai penilai telah menerbitkan Opini Kewajaran atas pembelian kapal itu.

Saham yang diusulkan ditentukan dengan harga minimum Rp 211 per saham. Perseroan sedang melakukan finalisasi penetapan harga premium untuk penetapan harga saat ini dan di atas harga minimum yang dinyatakan oleh KJPP RHR dalam Laporan Pendapat Kewajaran. Pembayaran kapal melalui penerbitan saham dengan harga premium.


Dengan bertambahnya 1 kapal MV itu total kapal yang dimiliki perseroan saat ini menjadi 6 unit MV. PSSI sendiri mengaku telah memiliki prospek dari beberapa pelanggan potensial untuk kapal MV dengan kapasitas 28k DWT, salah satunya untuk pengangkutan batu bara dan klinker (bahan utama pembuatan semen).

Selain pembelian armada MV di 2019, PSSI juga merencanakan untuk pembelian 2 set baru Kapal Tunda dan Tongkang di semester II-2019. Kapasitas pengangkutan MV meningkat hampir 8 kali lipat sebesar 234k DWT dari 31k DWT di awal 2018. Dengan penambahan armada kapal di 2019, total pertumbuhan aset diproyeksikan meningkat sekitar 32% dari 2018.

Simak Video "Melongok Calon Lokasi Soccer Camp PSSI yang Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com