Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Des 2019 14:20 WIB

Garuda Cari Rp 12,6 T untuk Bayar Utang

Danang Sugianto - detikFinance
Garuda Indonesia Cari Dana Rp 12,6 T untuk Bayar Utang
Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berencana mencari dana sebesar US$ 900 juta atau setara Rp 12,6 triliun (kurs Rp 14 ribu). Uang itu akan digunakan perusahaan untuk membayar utang atau refinancing.

Melansir keterbukaan yang disampaikan perseroan yang dilansir, Rabu (18/12/2019), per 31 Desember 2018 Garuda Indonesia memiliki utang sebesar US$ 1,6 miliar yang jatuh tempo dalam waktu 1 tahun. Selain itu ada juga utang di atas 1 tahun sebesar US$ 77 juta.

Untuk membayar utang tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan 3 skema pencarian dana dengan total nilai transaksi maksimal US$ 900 juta. Skema itu di antaranya penerbitan global sukuk, pendanaan private placement dan peer to peer lending.

"Dana hasil Penerbitan Global Sukuk dan/atau Instrumen Keuangan Lainnya akan dipergunakan untuk pembiayaan kembali/pelunasan baik sebagian maupun seluruhnya atas hutang Perseroan sehingga proporsi hutang keuangan yang jatuh tempo dalam satu tahun tidak akan lebih kecil dibandingkan dengan hutang keuangan yang jatuh tempo di atas satu tahun," tulis manajemen.


Untuk rencana penerbitan global sukuk sendiri dilakukan maksimal US$ 750 juta. Penerbitannya akan dilakukan di luar negeri. Jatuh tempo paling lama 2024.

Kedua rencana pendanaan private placement obligasi dalam bentuk mata uang dolar AS dengan nilai maksimal US$ 750 juta. Jatuh temponya 2024 dengan tempo pembayaran bunga setiap 3 atau 6 bulan.

Ketiga rencana pinjaman peer to peer lending dengan nilai maksimal US$ 500 juta. Jatuh temponya juga sama yakni 2024 dengan tempo pembayaran bunga setiap 3 bulan.

Perseroan akan memilih skema pendaan tersebut, salah satu maupun kombinasi dari ketiganya. Namun maksimal transaksi US$ 900 juta.



Simak Video "Garuda Indonesia Perkenalkan Armada Barunya, Yuk Intip!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com