Ditawari Ganti Dana Pakai Tanah, Nasabah Hanson Merasa Ditipu

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 08 Jan 2020 12:14 WIB
Foto: Benny Tjokro (Muhammad Sabki/CNBC)
Jakarta - PT Hanson International Tbk sedang menghadapi masalah keuangan. Nasabah ramai-ramai menagih hak yang telah mereka setorkan selama ini.

Namun bukan uang yang kembali, para nasabah justru ditawarkan mendapatkan tanah atau rumah di wilayah Parung dan Maja.

Sejumlah nasabah mengaku mereka merasa dipaksa untuk menandatangani perjanjian tersebut. Menurut mereka banyak kejanggalan yang terjadi dalam proses itu.


Salah satu nasabah yang namanya tak ingin disebutkan menceritakan ia seperti dipaksa untuk menandatangani penukaran aset di mana harga rumah dinaikkan dulu 38% dari harga aslinya.

"Misalnya harga rumah di Millenium City Parung Panjang yang bila kita beli di marketing office nya dengan ukuran yang sama seharga Rp 700 jutaan maka oleh Hanson ditawarkan ke nasabah di harga Rp 900 jutaan sehingga otomatis uang nasabah terpotong dong," jelas dia.

Kemudian tanah di New Maja Raya yang ditawarkan Hanson bersebelahan dengan Citra Maja. Tanah kavling90 m2 di Citra Maja seharga Rp 162,9 juta tapi Hanson menjual pada nasabahnya Rp 225 juta artinya harga tersebut dinaikkan 38%. Sedangkan NJOP yang tertulis hanya Rp 48.000 per m2.


Kemudian ada juga nasabah yang sudah menginvestasikan uang Rp 1 miliar. Baru satu bulan ia berinvestasi, Hanson tersandung kasus gagal bayar.

Ia juga diberikan opsi untuk memilih rumah atau kavling. Harga yang dipasang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan harga pasaran.

"Ada juga opsi pengembalian selama 4 tahun dengan bunga yang kecil dan pengembalian dapat berubah sesuai kemampuan perusahaan. Jadi tidak ada jaminan yang pasti," jelas dia.

Simak Video "Pemilik Gerobak-Motor yang Diseruduk Tank TNI Terima Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)