BUMN Mulai Buyback Saham

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 13 Mar 2020 09:44 WIB
Karyawan mengamati layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (29/09/2014). IHSG berhasil bertahan di zona hijau hingga akhir perdagangan. Indeks itu ditutup pada level 5.142,01 atau rebound 0,18%,Sektor keuangan menjadi pendorong indeks dengan kenaikan 0,77%.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai melakukan pembelian kembali (buyback) saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Langkah ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dampak corona ke pasar saham dalam negeri.

Mulai dari Jasa Marga dan Adhi Karya sudah melakukan pembelian ini, kemudian diikuti oleh Bank BTN.

PT Jasa Marga (Persero) merencanakan untuk melakukan pembelian kembali saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pembelian ini dilakukan sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.2/POJK.04/2013 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik dalam Kondisi Pasar yang Berfluktuasi secara Signifikan, tanggal 23 Agustus 2013 (POJK 2/2013).

Mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia Jasa Marga akan melakukan pembelian kembali sebesar Rp 500 miliar.

"Jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor," tulis keterangan tersebut, dikutip Kamis (12/3/2020).

Pembelian kembali saham akan dilakukan secara bertahap dalam waktu tiga bulan sejak tanggal keterbukaan informasi ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]