Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Mar 2020 14:53 WIB

Bank Mandiri Mau Buyback Saham Rp 2 Triliun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
e-money bank mandiri Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) akan melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya di pasar modal. Bank pelat merah ini akan melakukan buyback saham sebesar Rp 2 triliun.

Melansir keterbukaan informasi, pada Jumat (20/3/2020), Mandiri akan melakukan buyback secara bertahap mulai dari 20 Maret 2020 hingga 19 Juni 2020.

Jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal yang disetor perusahaan. Dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar ddalah 7,5% dari modal disetor.


"Transaksi pembelian kembali saham perseroan akan dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi likuiditas dan permodalan perseroan, serta peraturan yang berlaku," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan, dalam surat resmi perusahaan di keterbukaan informasi.

Buyback yang dilakukan Mandiri mengikuti aturan baru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan pelonggaran buyback tanpa harus menunggu persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Tujuannya untuk menahan penurunan harga saham di tengah kondisi pasar saham yang masih bergejolak.

Sebelumya, bank pelat merah lainnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sudah duluan memutuskan untuk melakukan buyback sahamnya di pasar modal. Nilainya cukup besar yakni mencapai Rp 3 triliun.



Simak Video "Uang Miliaran Rupiah Raib, Nasabah Segel Kantor Unit Bank Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com