Terpopuler Sepekan

Dolar AS Tembus Rp 16.000 Bikin Heboh

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 22 Mar 2020 10:10 WIB
Wabah Corona tak hanya menjangkiti tubuh manusia, tetapi juga ke sektor keuangan global, termasuk Indonesia. Hal ini menyebabkan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pekan ini Indonesia dihebohkan oleh kondisi pasar uang yang memperdagangkan kurs rupiah. Pasalnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang Indonesia sampai tembus Rp 16.200. Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat lalu (20/3/2020), dolar AS menguat 262 poin atau 1,6% sepanjang hari.

Warganet di media sosial pun ramai memperbincangkan hal tersebut. Tagar #RupiahAmbyar trending di media sosial Twitter.

Sejumlah warganet mencuitkan nilai tukar rupiah yang telah menyentuh level Rp 16.000. Pernyataan tersebut umumnya menyertakan hasil tangkapan layar nilai tukar rupiah yang disampaikan oleh mesin pencari Google.

Dari hasil penelusuran detikcom, hasil pencarian nilai tukar dolar di Google memang akan langsung menunjukkan hasil dengan angka Rp 16.002. Namun, data tersebut bukanlah data yang dapat dipertanggungjawabkan oleh otoritas resmi.

Dalam hasil penelusuran, disebutkan bahwa data Mata Uang disediakan oleh Morningstar, sedangkan data Mata Uang Kripto disediakan oleh Coinbase.

Namun, dalam keterangannya, Google menjelaskan bahwa baik penyedia data maupun kontennya, bursa keuangan dan setiap afiliasinya serta mitra bisnisnya (A) melepaskan tanggung jawab hukum secara tersurat mengenai keakuratan, kecukupan, atau kelengkapan data apa pun, dan (B) tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan, kelalaian, atau kecacatan lainnya dalam, keterlambatan atau gangguan data, atau tindakan apa pun yang dilakukan dalam pengandalan atas hal tersebut.

"Semua data dan informasi yang disediakan "apa adanya" bertujuan hanya untuk informasi pribadi, dan tidak dimaksudkan untuk tujuan perdagangan atau saran. Harap hubungi wakil pialang atau keuangan Anda untuk memverifikasi harga sebelum melakukan perdagangan apa pun," lanjutnya.

Dengan demikian, Google tidak dapat menjamin keakuratan nilai tukar yang ditampilkan. Anda harus mengonfirmasi nilai saat ini sebelum melakukan transaksi apa pun yang dapat terpengaruh oleh perubahan dalam nilai tukar.

Namun, dolar AS akhirnya menyentuh level 16.200. Secara point to point dibandingkan setahun yang lalu, interval pergerakan dolar AS terhadap rupiah mencapai 2.635 poin.

Jika ditarik sejak awal tahun, dolar AS bergerak dari level Rp 13.559. Angka tersebut dicapai pada Februari 2020 lalu.

Dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), kurs tengah dolar AS terhadap rupiah hari ini telah menyentuh level Rp 16.273. Dalam sepekan kurs tengah JISDOR bergerak di rentang Rp 14.815-16.273.

Dari data RTI, dolar AS siang ini tercatat menguat 273 poin atau 1,72%. Nilai tukar mata uang Paman Sam terhadap rupiah menyentuh level Rp 16.173.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan bank sentral sudah berupaya melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah dengan selalu menyediakan suplai dolar AS di pasar. Tujuannya untuk menenangkan pasar.

"Kami lakukan dengan intervensi baik secara tunai, spot maupun secara forward melalui Domestik Non Delivery Forward. Ini untuk menjaga mekanisme pasar dan agar tidak terjadi kepanikan dan memberikan confidence di pasar," kata Perry belum lama ini.



Simak Video "Merangkak Naik, Dolar AS ke Level Rp 14.850"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)