Kucurkan Rp 33 T, Bangkok Bank Resmi Kuasai Bank Permata

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 21 Mei 2020 19:00 WIB
PT Bank Permata atau yang lebih dikenal dengan PermataBank meresmikan kantor pusat barunya yang berada di kawasan World Trade Center II - Sudirman, Jakarta, Senin (18/3/2013). Kantor yang memiliki luas sekitar 21.000 meter persegi dan terdiri dari 30 lantai itu sekitar 40% nya disewa oleh PermataBank.File/DetikFoto.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bangkok Bank Public Company Limited telah menyelesaikan akuisisi atas agregat 89,12% kepemilikan saham PT Astra International Tbk dan Standard Chartered PLC di PT Bank Permata Tbk. Transaksi telah dituntaskan dengan kesepakatan valuasi sebesar 1,63 kali lipat dari nilai buku Permata per tanggal 31 Maret 2020 atau sekitar Rp 33,66 triliun (US$ 2.282 juta, Baht 73.722 juta).

Bank Permata memiliki aset sebesar Rp 167,39 triliun (US$11.349 juta, Baht 366.595 juta) dengan 3,75 juta pelanggan dan 312 cabang di seluruh Indonesia, resmi menjadi investasi paling signifikan untuk Bangkok Bank.

Sebagai langkah selanjutnya, Bangkok Bank akan mengajukan permohonan kepada regulator keuangan Indonesia yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminta persetujuan melakukan penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk sisa 10,88% saham Permata. Cabang-cabang Bangkok Bank di Indonesia akan digabungkan dengan Permata di masa yang akan datang.

Presiden Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich mengatakan akuisisi Permata oleh Bangkok Bank adalah langkah strategis untuk pertumbuhan bank tersebut.

"Permata akan mengokohkan pijakan Bangkok Bank di dua perekonomian terbesar Asia Tenggara, memperkuat posisi kami sebagai bank ASEAN terkemuka. Kami akan mendukung Permata untuk mengembangkan bisnis ritel, usaha kecil dan menengah (UKM) serta korporasi. Sementara nasabah Bangkok Bank akan mendapatkan peningkatan akses untuk meraih peluang pertumbuhan di Indonesia. Kami juga berharap untuk terus memperluas kemitraan bisnis antara Permata dan Astra," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020).

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada otoritas keuangan Indonesia dan Thailand, OJK dan Bank of Thailand, serta pihak-pihak berwenang terkait lainnya karena telah menyetujui dan mendukung akuisisi ini," sambungnya.

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengucap terima kasih atas transaksi ini. Dia menilai, sektor keuangan di Indonesia akan tetap positif ke depan.

"Astra menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam penyelesaian transaksi Permata. Kami melihat bahwa sektor jasa keuangan di Indonesia tetap positif, dan akan melanjutkan fokus pada pertumbuhan bisnis keuangan ritel kami. Kami berharap Bangkok Bank dan Permata dapat terus meraih kesuksesan dan dapat melanjutkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara Grup Astra dan Permata," ungkapnya.



Simak Video "Resesi Datang, Rezeki Tak Berkurang"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)