Erick Mau Direksi Telkom di Bawah 40 Tahun, Pengamat: Jangan Dipaksakan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Jun 2020 11:59 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir berencana memasukkan direksi dengan usia di bawah 40 tahun di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau Telkom. Rapat umum pemegang saham (RUPS) Telkom sendiri akan digelar pada 19 Juni 2020 mendatang di mana salah satunya perubahan pengurus perusahaan.

Soal usia, Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan sebaiknya tidak perlu ada klasifikasi antara milenial dan bukan milenial untuk pemilihan direksi ini. Menurutnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Dia berharap, direksi yang dipilih ialah yang terbaik dan proses seleksi pun terbuka atau transparan. Lalu, tak ada 'titip-titipan' dalam proses pemilihan direksi.

"Dan walaupun regenerasi penting, saya pikir tidak perlu dikedepankan dikotomi milenial dan 'kolonial'. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pilihlah yang terbaik dan berintegritas. Apakah itu milenial atau 'kolonial' dengan proses seleksi yang terbuka, transparan dan tak perlu ada titip-titipan," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Dia mengatakan, Telkom mesti terus berkembang ke depannya. Ia berharap, perusahaan ini menjadi BUMN yang modern dan profesional.

"Telkom harus jadi role model BUMN modern dan profesional. Yang tidak hanya jago kandang tapi mampu menjadi flag carrier," ujarnya.

Senada, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan usia bukan sebuah tolak ukur. Dia bilang, itu bukan hal yang penting.

"Bukan sesuatu yang penting itu, kalau ada bagus, kalau nggak jangan dipaksain, bukan sebuah ukuran," terangnya.

"Apakah sudah pasti di bawah 40 lebih baik di atas 50 tahun. Kita mencari, bukan lomba lari ini, pimpinan tidak sekadar pinter, yang kita butuhkan wisdom ini kan ada plus minusnya juga," tambahnya.

isi tas


Simak Video "Duh! Telkom Sentil Netflix Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)