Direksi Telkom Mau Dirombak, Siapa yang Cocok Gantikan Posisi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Jun 2020 13:25 WIB
Gedung telkom
Gedung Telkom/Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta -

Manajemen PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom akan dirombak dalam waktu dekat. Sejumlah kriteria dianggap cocok untuk menjadi pejabat di BUMN bidang telekomunikasi tersebut.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, direksi yang dipilih seharusnya memiliki visi dan misi strategis jangka panjang. Kemudian, punya pengalaman bukan hanya bekerja di Indonesia tapi juga luar negeri.

"Sesuai dengan bisanya, apakah itu teknologi, pemasaran, keuangan dan lainnya. Dengan pengalaman di luar negeri, jadi ada pengalaman bekerja secara profesional, kompetitif dengan operator lainnya, dan tentu memiliki jaringan internasional yang tentu akan sangat bermanfaat bagi Telkom untuk jadi perusahaan global," jelasnya kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Kemudian, pejabat yang terpilih mesti mau turun ke lapangan. Serta cepat dalam hal mengambil keputusan.

"Yang mau terus belajar, mau turun ke lapangan, cepat ambil keputusan, seirama dengan Menteri BUMN dan Presidennya," ujarnya.

Sementara, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan tak punya kriteria khusus untuk para pejabat Telkom. Dia bilang, terpenting ialah pejabat yang dipilih memiliki kapasitas dan kompetensi sesuai dengan bidangnya.

"Kalau disebutkan dia punya kapasitas, kompetensi, integritas, itu aja. Kaitannya dengan bidang kompetensi di bidang ini, di bidang telekomunukasi, teknologi, teknologi informasi," tutupnya.



Simak Video "Bergantung Pada Anak Perusahaan, Erick Thohir Sentil Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)