Takut Risiko Investasi Saham? Bisa Coba Alternatifnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 28 Jun 2020 19:00 WIB
Ilustrasi investor saham
Foto: Ilustrasi: Luthfi Syahban
Jakarta -

Salah satu yang harus diperhatikan dalam melakukan investasi adalah risikonya. Apalagi untuk masuk ke pasar saham.

Namun, tak usah risau, menurut CEO Investor Muda Jason Gozali bagi investor pemula yang takut akan risiko dan pergerakan harga, masih ada instrumen lain yang lebih aman. Jason menyebut instrumen itu adalah obligasi alias surat utang.

Salah satu yang disarankan Jason adalah obligasi ritel Indonesia 17 seri ORI 17 yang baru saja dilaunching pemerintah. ORI 17 juga dinilai bisa membantu pemerintah untuk mengatasi dampak ekonomi COVID-19.

"Kalau kita tipe konservatif dan takut pergerakan harga, bisa masuk obligasi pemerintah. Jadi kalau bingung, pemerintah sendiri sudah me-launching Obligasi Ritel Indonesia 17. Pemerintah butuh bantuan untuk atasi dampak ekonomi COVID-19," ungkap Jason dalam talkshow bersama Gugus Tugas COVID-19 yang disiarkan di YouTube BNPB, Minggu (28/6/2020).

Jason memaparkan bunga imbal hasil dari ORI 17 sebesar 6,4% per tahun. Surat Berharga Negara (SBN) edisi ini dinilai cocok untuk investor yang mau risiko rendah.

"Teman-teman bisa beli ORI 17, ini dikasih bunga kupon 6,4% per tahun, ini lumayan lah buat yang mau pasti-pasti aja," papar Jason.

Dari catatan detikcom, sebelumnya Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan akan menerbitkan SBN ritel seri ORI 17 pada 15 Juni 2020. SBN ritel ini bisa dibeli oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan minimal pembelian sekitar Rp 1 juta.

Syarat dan ketentuan yang pasti memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP). Pembelian bisa dilakukan secara elektronik atau online.



Simak Video "Merasa Ditipu, Nasabah Laporkan Fikasa Group ke Polda Metro Jaya "
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)