Rencana Microsoft Beli TikTok Bikin Bursa AS Cerah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 08:20 WIB
Bursa saham Wall Street di AS
Foto: Reuters
Jakarta -

Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup positif pada perdagangan saham Senin kemarin (3/8/2020). Dow Jones Industrial Average naik 0,89% ke level 26.664,4 dan Nasdaq Composite naik 1,47% menjadi 10.902,80. Sejumlah sentimen mempengaruhi pergerakan bursa saham AS.

Mengutip Reuters, Selasa (4/8/2020), bursa AS menguat dipengaruhi rencana Microsoft mengakuisisi TikTok. Saham Microsoft naik 5,6% setelah perusahaan menyatakan akan menggelar pembicaraan terkait rencana akuisisi bisnis TikTok di AS.

Kemudian, saham ADT naik lebih dari 56% di tengah berita Alphabet akan membeli 7% saham di perusahaan keamanan rumah itu senilai US$ 450 juta.

Varian Medical Systems Inc melonjak 22% setelah pembelian US$ 16 miliar oleh Siemens Healthineers Jerman. Lalu, Kansas City Southern naik setelah adanya sebuah laporan di mana sekelompok investor mempertimbangkan tawaran pengambilalihan dengan kesepakatan sekitar US$ 20 miliar.

"Pasar berputar di sekitar aktivitas M&A (merger dan akuisisi) yang mungkin meningkat," kata Jake Dollarhide, kepala eksekutif Longbow Asset Management di Tulsa, Oklahoma.

"Itu artinya CEO lebih percaya diri tentang masa depan. Kalau tidak, mengapa mereka mengeluarkan miliaran dolar?" tambahnya.

Saham Apple Inc naik 2,5% menyusul hasil kinerja kuartal dan pengumuman stock split. Kapitalisasi pasar raksasa teknologi ini hampir menyentuh US$ 2 triliun.



Simak Video "Viral Tahanan di Parepare Main TikTok di Sel, Ini Kata Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)