Jakarta PSBB, Apa Kabar IHSG dan Rupiah Hari Ini?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 14 Sep 2020 07:00 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Hari ini pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat di Jakarta mulai berlaku. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, keputusan itu tentu menjadi perhatian besar dari pelaku pasar. Apa lagi para investor sudah bereaksi dari pernyataan Anies sebelumnya pada Rabu malam lalu.

"Kamis pasar saham sempat mengalami koreksi cukup dalam sebelum bangkit pada perdagangan Jumat. Terlihat terjadi aliran dana asing keluar dari Indonesia ditambah pelemahan nilai tukar rupiah. Pelaku pasar akan mencermati perkembangan penerapan PSBB total dan bila terjadi secara ketat diperkirakan akan mengganggu pemulihan ekonomi yang sedang terjadi," tuturnya Minggu (13/9/2020)

Hans melanjutkan, jika dana asing masih mengalir keluar dari pasar modal dan nilai tukar rupiah masih melemah, pelaku pasar perlu berhati-hati akan peluang koreksi lebih dalam.

"Pasar saham terlihat akan sangat berhati-hati memasuki PSBB total di hari Senin, 14 September 2020. Pasar peluang konsolidasi cenderung melemah di pekan depan dengan perkiraan support di level 4.878 sampai 4.712 dan resistance di level 5.084 sampai 5.256," terangnya.

Hans menyarankan pelaku pasar lebih baik melakukan penjualan lebih dahulu ketika pasar menguat untuk mengantisipasi dampak negatif penerapan PSBB pada perekonomian.

Lalu bagaimana dengan rupiah? Berlanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Prediksi Horor Jika DKI Tak Kembali PSBB"
[Gambas:Video 20detik]