Kinerja Kinclong di Tengah Pandemi, Saham Pinterest Melesat 30%

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 14:28 WIB
Traders work on the trading floor on the final day of trading for the year at the New York Stock Exchange (NYSE) in Manhattan, New York, U.S., December 29, 2017. REUTERS/Andrew Kelly
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Harga saham Pinterest melesat 30% pada perdagangan Rabu. Penguatan itu terjadi setelah perusahaan mengumumkan kinerja keuangannya di kuartal III-2020 yang begitu kinclong.

Mengutip CNBC, Kamis (29/10/2020), Pinterest berhasil mengantongi pendapatan di kuartal III-2020 sebesar US$ 443 juta. Angka itu jauh lebih tinggi dari prediksi Refinitiv sebesar US$ 383 juta.

Tingginya pendapatan perusahaan tidak lepas dari torehan pengguna. Pinterest melaporkan pengguna aktif bulanan (PAB) saat ini mencapai 442 juta.

Menariknya, penguatan saham Pinterest menciptakan efek halo kepada saham-saham media sosial lainnya. Saham Twitter terkerek naik lebih dari 5%, Facebook dan Snap naik lebih dari 2%

Pertumbuhan pengguna Pinterest yang kuat didorong oleh adopsi pengguna internasional. PAB Pinterest internasional adalah 343 juta, naik 46% dari tahun ke tahun.

Perusahaan mengakui rilis iOS 14 juga membantu meningkatkan pengguna Pinterest. Sebab sekitar 4 juta orang menggunakan Pinterest sebagai inspirasi untuk filter latar belakang yang disesuaikan.

Pinterest melaporkan bahwa permintaan pengiklan juga sangat luas selama kuartal III karena bisnis telah mengadopsi lingkungan pasca-COVID-19.

Selain itu, perusahaan merasakan peningkatan pemasukan dari para pengiklan yang memboikot media sosial. Seperti boikot iklan Facebook StopHateForProfit di mana lebih dari 1.000 pengiklan memutuskan untuk menunda iklan mereka di Facebook.

Perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka menargetkan pendapatan di Kuartal IV-2020 tumbuh sekitar 60% dari tahun sebelumnya.

(das/ara)