Beli Surat Utang Syariah Rp 10 Juta, Untungnya Berapa Ya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 04 Nov 2020 11:52 WIB
Deretan Infrastruktur yang Dibiayai Surat Utang Syariah
Ilustrasi/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Pemerintah baru saja menerbitkan green sukuk ritel yakni sukuk tabungan seri ST007. Bagi masyarakat, sukuk tabungan ini bisa menjadi alternatif investasi.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman mengatakan, produk investasi ini aman karena diterbitkan oleh pemerintah.

"Pertama diterbitkan oleh pemerintah sehingga insyaallah aman," katanya dalam peluncuran ST007, Rabu (3/11/2020).

Dia bilang, produk ini tak semata-mata menyematkan label syariah. Produk ini telah mendapat fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Pemerintah tak semata-mata menyematkan label syariah. Kami bekerja sama dengan Dewan Syariah Nasional MUI untuk mendapatkan fatma bahwa ini benar, berdasarkan prinsip-prinsip syariah," katanya.

Produk ini pun mudah didapatkan. Luky menuturkan, bisa dipesan melalui platform online. Jadi, investor bisa memperoleh produk ini dari genggamannya.

"Kita bekerjasama dengan 31 mitra distribusi ada bank konvensional, bank syariah, fintech, sekuritas itu ada pilihan-pilihannya. Silakan dipilih, bisa dilakukan secara mudah," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, yang tak kalah penting produk ini memakai underlying proyek-proyek hijau yang mendukung perubahan iklim.

"Ini kali kedua kami menerbitkan sukuk tabungan berbasis green. Ini bentuk inovasi. Kita negara pertama dunia yang menerbitkan sukuk ritel yang berbentuk green," ujarnya.

Berapa untungnya?

Selanjutnya
Halaman
1 2