Vaksin Pfizer Bawa Saham Bioskop Terbesar Dunia Ikut Melejit

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 10 Nov 2020 11:44 WIB
Inggris Pesan Jutaan Vaksin Corona Eksperimental BioNTech dan Pfizer
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Saham bioskop terbesar di dunia AMC Theatres dan Bioskop Cinemark melonjak pada Senin pagi setelah Pfizer mengungkapkan terobosan vaksin Corona garapannya diklaim 90% ampuh.

Saham AMC sebelumnya melonjak hingga 50%. Setelah itu, saham perusahaan naik 80% dalam perdagangan pra-pasar tepat setelah berita vaksin Corona dilayangkan. Cinemark, bioskop terbesar ketiga di AS, juga mendapat dorongan besar, sahamnya naik lebih dari 40%.

Dikutip dari CNN, Selasa (12/11/2020), sejak terpaksa tutup dari Maret lalu, AMC dan Cinemark telah mencoba untuk membuka kembali dengan memperketat protokol kesehatan. Namun, industri tersebut tetap sulit mendapatkan penonton.

Film-film besar seperti Marvel's "Black Widow" dan "No Time to Die," film James Bond terbaru, akhirnya terpaksa ditunda hingga tahun depan. Sedangkan beberapa film seperti Warner Bros. "Tenet" telah diputar di bioskop, namun belum cukup menutup kerugian box office. Kurangnya film, dan kurangnya penonton, telah menghancurkan box office dan membuat bioskop menjadi kesulitan.

AMC mengatakan kas perusahaan yang ada terancam habis pada akhir 2020 atau awal 2021. Perusahaan melaporkan pendapatannya untuk kuartal-III hanya US$ 119,5 juta, anjlok 91% dari tahun sebelumnya.

Berita vaksin hari ini menawarkan harapan bagi industri yang kini terpuruk itu, tetapi belum jelas apakah penonton akan kembali menonton film bahkan jika vaksin Corona bakal efektif. Saham Disney (DIS), studio terbesar Hollywood, juga naik tajam pada Senin pagi, naik 12%.

(eds/eds)