Sektor Saham yang Bakal Bersinar saat Biden Jadi Presiden AS

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 14:00 WIB
Joe Biden dan isu-isu kontroversial, bagaimana strateginya menangani pandemi Covid-19 hingga masalah ras dan imigran?
Foto: BBC World
Jakarta -

Joe Biden akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat dan Wall Street sibuk mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dari itu.

Reli pasar besar hari Senin kemungkinan lebih berkaitan dengan kemanjuran vaksin COVID-19 yang dilaporkan yang sedang dikerjakan Pfizer (PFE) dan BioNTech (BNTX) daripada kemenangan Biden.

Tetapi ahli strategi pasar mengatakan investor perlu mulai mempersiapkan bagaimana kepresidenan Biden akan berdampak pada sektor-sektor tertentu.

Mengutip CNN.com, ada sejumlah sektor saham yang bakal paling merasakan perubahan gaya kepemimpinan di bawah Joe Biden.

Infrastruktur dan Energi Alternatif Mulai Bersinar

Perusahaan tenaga surya dan sektor unggulan lain dalam industri energi alternatif siap menjadi salah satu penerima manfaat yang lebih besar dari Gedung Putih yang dipimpin Biden kelak, tetapi potensi rejeki nomplok tersebut mungkin sudah terasa di pergerakan saham sejumlah emiten.

The Invesco Solar ETF (TAN) melonjak hampir 40% dalam tiga bulan terakhir untuk mengantisipasi kemenangan Biden tetapi telah mundur sejauh minggu ini. ETF memiliki posisi besar di SolarEdge Technologies (SEDG), First Solar (FSLR) dan Sunrun (RUN).

Saham perusahaan solar ini telah melonjak 300% di tahun 2020. Salah satu pemicunya adalah harapan besar sejumlah investor bahwa pada akhirnya akan ada fokus baru di Washington untuk meloloskan tagihan belanja infrastruktur yang besar.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2