Jual Saham, Tesla Raup Rp 70 T dalam 3 Bulan

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 09 Des 2020 10:26 WIB
CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla yang penuh dengan mobil baru.
Foto: AP Photo/Ben Margot
Jakarta -

Perusahaan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla diketahui telah mendapatkan dana senilai US$ 5 miliar setara Rp 70 triliun (kurs Rp 14.103) dalam 3 bulan setelah penjualan saham. Penjualan ini menjadi kedua kalinya dilakukan dalam tiga bulan yang sebelumnya dilakukan pada September lalu.

Sebelumnya, Tesla mengatakan akan mengumpulkan US$ 5 miliar untuk meringankan tekanan utangnya di masa depan karena perusahaan berusaha untuk memperluas produksi secara besar-besaran. Selain itu, perusahaan juga akan membangun pabrik baru di dekat Berlin, Jerman dan Austin, Texas.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (9/12/2020) Tesla juga berencana untuk meluncurkan lini kendaraan baru, termasuk semi truk bernama Tesla Semi dan Cybertruck futuristiknya.

Saham Tesla telah menyentuh rekor tertinggi awal pekan ini, mendorong nilai pasar Tesla di atas US$ 600 miliar dan semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan otomotif paling berharga di dunia meskipun produksinya sebagian kecil dari saingannya seperti Toyota Motor, Volkswagen, dan General Motors.

Tingginya minat saham Tesla didorong masuknya perusahaan ke indeks S&P 500, dan menjadi salah satu perusahaan paling berharga yang pernah bergabung.

Beberapa investor dan analis Wall Street percaya harga saham Tesla akan terus meningkat. Prediksi saham Tesla akan naik senilai US$ 400, melonjak dari posisi US$ 200 saat ini. Namun di sisi lain investor dan analis memperingatkan untuk tidak memasukkan Tesla ke S&P 500 pada level saat ini.

Reli 670% di saham Tesla tahun ini juga telah meningkatkan kekayaan bersih Elon Musk dari US$ 27 miliar menjadi US$ 155 miliar, menjadikannya dia orang terkaya kedua di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index. Saham Tesla tercatat turun 1,3% menjadi US$ 633,73 dalam perdagangan pra-pasar.

Selain Tesla, perusahaan mobil listrik itu mengungkap sepuluh bank besar, termasuk Goldman Sachs, Citigroup Global Markets dan Morgan Stanley juga akan melakukan penjualan saham.

(zlf/zlf)