Isu Gopay Beli Bank Jago Makin Santer, Ada Transaksi Saham Jumbo

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 10:47 WIB
GoPay
Gopay/Foto: detikInet
Jakarta -

Muncul rumor PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek masuk menjadi pemegang saham PT Bank Jago Tbk (ARTO). Isu itu diperkuat dengan adanya transaksi saham ARTO dalam jumlah besar yang masih dirahasiakan.

Mengutip CNBC Indonesia, Selasa (15/12/2020), isu ini berawal dari saham Bank Jago yang hari ini menguat begini tinggi yakni 11,87%. Kenaikan itu melanjutkan tren positif saham ARTO sejak Kamis dan Jumat dua pekan lalu yang masing-masing ARTO berhasil melesat 13,40% dan 22,73%.

Meroketnya saham ARTO tentu menimbulkan tanda tanya. Ternyata kenaikan saham ARTO lantaran pada Kamis lalu ada transaksi besar-besaran di pasar negosiasi.

Data perdagangan mencatat muncul transaksi jumbo di pasar negosiasi yakni transaksi crossing oleh PT Trimegah Sekuritas (LG) dengan jumlah transaksi sebanyak 4,49 juta lot ARTO di harga Rp 1.150/unit. Transaksi ini sendiri sebesar 4,13% dari jumlah saham Bank Jago yang beredar.

Bahkan sebelumnya pada tanggal (3/12/20) tercatat muncul transaksi di pasar negosiasi yang lebih jumbo yakni sebanyak 11,87 juta lot saham ARTO senilai Rp 2,25 triliun rupiah yang merupakan 10,93% dari total keseluruhan saham ARTO dengan harga penjualan berkisar antara Rp 1.671/unit hingga Rp 2.065/unit.

Pihak-pihak pembeli saham ARTO sendiri berasal dari PT Trimegah Sekuritas (LG), PT CGS-CIMB Sekuritas (YU), PT Indo Premier Sekuritas (PD), PT Ciptadana Sekuritas (KI), PT Citigroup Sekuritas (CG), dan PT Bahana Sekuritas (DX) sedangkan pihak pihak penjual mayoritas adalah PT Erdikha Elit Sekuritas (AO) yang merupakan underwriter ARTO dan PT Trimegah Sekuritas (LG) yang melakukan crossing.

Nah ada rumor di kalangan investor pasar modal, bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa masuk menjadi pemegang saham ARTO melalui pasar negosiasi. Belum jelas apakah Gojek atau Gopay yang masuk ke Bank Jago.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2