Tren Main Saham: dari Ustaz, Artis hingga Anak Presiden

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 14:25 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Berinvestasi di pasar modal semakin hari rasanya semakin ngetrend. Apa lagi belakangan ini banyak publik figur yang sangat aktif berbicara mengenai pasar modal di media sosial.

Para publik figur ini berbicara bukan hanya menunjukkan eksistensinya, tapi mereka juga sering kali memberikan edukasi hingga rekomendasi saham.

Mereka juga berasal dari berbagai peran, mulai dari artis, ustaz bahkan hingga seorang anak Presiden RI. Untuk artis sebenarnya cukup banyak yang sudah keranjingan berinvestasi saham.

Giring Nidji misalnya, dia mengaku sudah mulai mengenal dunia investasi sejak 2007. Menurut catatan berita detikcom, sosok yang mendorongnya terjun di dunia pasar modal adalah ibunya.

Sang ibu khawatir dengan masa depan anaknya itu. Menurut ibunya popularitas Giring di dunia entertainment bisa memudar kapan pun. Sehingga investasi dibutuhkan untuk jadi pegangan di masa depan.

Sejak saat itu Giring rajin nabung saham. Dia adalah tipikal investor jangka panjang dan menghindari trading jangka pendek.

Selain Giring masih banyak artis lainnya yang sudah nyemplung di dunia pasar modal. Bahkan Adrian Maulana seorang presenter dan pemain sinetron rela banting setir dan bekerja di perusahaan manajer investasi ternama.

Kariernya cukup mentereng. Kini dia menduduki jabatan sebagai Senior Vice President Intermediary Business PT Schroder Investment Management Indonesia.

Dari kalangan tokoh agama ada Ustaz Yusuf Mansur. Sosok da'i kondang itu memang sekarang lebih dikenal sebagai pengusaha dan investor.

Pria dengan nama lahir Jam'an Nurkhatib Mansur itu saat ini memiliki perusahaan bernama PayTren. Perusahaan itu bergerak di berbagai bidang salah satunya investasi.

Suara Yusuf Mansur cukup lantang di dunia investasi. Dia pernah mengajak jamaahnya untuk menyelamatkan Bank Muamalat yang tengah kekurangan modal. Dia juga menggerakan jamaahnya untuk membeli saham BRI Syariah ketika pertama kali mencatatkan sahamnya di pasar modal.

Belakangan dia juga sering sering memberikan rekomendasi saham lewat akun Instagramnya. Rekomendasi yang diberikan juga dia sertai ulasan pribadinya.

Terakhir ada sosok anak orang nomor 1 di Indonesia yakni Kaesang Pangarep. Anak ke-3 dari Presiden Jokowi itu memang sangat aktif di dunia maya, terutama Twitter.

Dia mengomentari berbagai hal melalui cuitannya. Mulai dari sekadar candaan, bisnisnya hingga isu sosial dan politik. Belakangan dia juga sering berbicara soal saham.

Tidak seperti Yusuf Mansur yang memberikan rekomendasi beserta alasannya, Kaesang cenderung irit dalam berbicara soal saham. Terkadang dia hanya menuliskan kode saham yang kemudian dilanjutkan utasan singkat dengan bahasa nyeleneh khas anak muda.

(upl/upl)