Perusahaan Hary Tanoe Caplok Broker Saham New York

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 14:21 WIB
HT Usai Jalani Pemeriksaan di Kejagung

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo meninggalkan gedung  Kejaksaan Agung seusai menjalani pemeriksaan, Jakarta, Senin (11/04/2016). Hary Tanoe memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Agung untuk dimintai keterangannya sebagai saksi kasus dugaan korupsi retribusi pajak PT Mobile8 Telecom. Grandyos Zafna/detikcom
Hary Tanoe/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Holding Grup MNC di sektor keuangan, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) milik Hary Tanoesoedibjo telah mengakuisisi mayoritas saham Auerbach Grayson & Company LLC (AGCO). Di mana itu merupakan perusahaan broker saham yang berpusat di New York.

Sebelumnya, AGCO dimiliki oleh Beltone Financial Holding (BTFH.CA), bank investasi terkemuka yang berpusat di Mesir. Akuisisi ini akan bekerja sama dengan David Grayson, Co-Founder AGCO.

"Kesepakatan ini telah diselesaikan setelah mendapat persetujuan dari Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) Amerika Serikat. BCAP, melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Winfly Ltd menjadi pengendali saham AGCO, sedangkan Co-Founder AGCO, David Grayson membeli kembali sisa saham," kata Hary Tanoe sebagai Executive Chairman of MNC Group Indonesia, dalam keterangan resmi, Senin (4/1/2021).

Akuisisi itu bertujuan untuk melengkapi jaringan distribusi kegiatan pasar modal MNC Sekuritas (placement dan broker saham), pasar utang, investment banking, riset dan online trading, tidak hanya di Indonesia, tetapi menjangkau hingga komunitas investasi global.

Investor yang diincar terutama untuk wilayah Amerika Serikat (AS), Inggris dan Eropa, serta memperluas jaringan distribusi riset MNC Sekuritas di antara fund manager internasional. MNC Sekuritas juga akan menjembatani seluruh transaksi AGCO di Indonesia.

"Dengan mengakuisisi saham AGCO, BCAP akan mendapatkan keuntungan dari kuatnya jaringan internasional AGCO serta akses ke 126 mitra lokal di seluruh dunia," ucap Hary Tanoe.

"AGCO diharapkan dapat menjadi distribution network MNC Group untuk placement dan fundraising di AS maupun Eropa. Selain itu, AGCO akan berperan penting untuk pengembangan manajemen aset di bawah BCAP," tambahnya.

(ara/ara)