Bantah Di-endorse MCAS, Raffi Ahmad: Hanya Sharing, Tapi Heboh

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 10:53 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Raffi Ahmad membantah tuduhan dirinya di-endorse oleh PT M Cash Integrasi Tbk untuk mempromosikan saham perusahaan tersebut yang berkode MCAS. Raffi mengatakan dirinya hanya menceritakan pengalamannya saja dalam 'bermain' saham.

Raffi pun mengaku memang postingannya soal saham MCAS menjadi kehebohan. Dia menilai kemungkinan memang 'bermain' saham sedang menjadi tren.

"Gua tuh sebenarnya kemarin hanya sharing aja buat kalian. Tapi emang heboh sih, karena mungkin main saham itu lagi in banget guys. Tapi balik lagi ya kemarin kan gua cuma cerita pengalaman gua aja. Itu bukan endorse," kata Raffi lewat unggahan video di Instagramnya, @raffinagita171, dikutip Rabu (6/1/2021).

Raffi kemudian mengimbau agar followers-nya juga harus berpikir panjang bila mau mengikuti langkahnya untuk menginvestasikan uang ke saham MCAS. Dia menegaskan agar followers-nya tidak menginvestasikan uangnya ke MCAS karena semata-mata dia sudah melakukannya terlebih dahulu.

Raffi mengatakan sebelum melakukan investasi pada saham sebuah perusahaan baiknya harus melakukan riset yang mendalam. Apabila riset sudah dilakukan dan yakin pada kinerja perusahaannya, baru lah investasi dilakukan.

"Jadi pertama kali gua main saham di MCAS, semua kembali lagi jangan karena gue lho. Kalau memang kalian mau, kalian telusuri dulu, pelajari dulu, kalian cek dulu. Kalau kalian percaya, go ahead! Silakan," kata Raffi.

Di sisi lain, Raffi mengingatkan kepada followers-nya di Instagram agar pintar-pintar mengelola uang, investasi ke pasar saham salah satunya. "Intinya, di zaman seperti ini kita mesti pintar guys kelola uang," katanya.

Sebelumnya, saham MCAS melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021). Sehari sebelumnya, Raffi Ahmad menjadi salah satu artis yang 'mempromosikan' saham MCAS lewat Instagram.

Saham MCAS ditutup di Rp 4.550, naik 350 poin atau 8,33% dalam perdagangan kemarin, sementara hari sebelumnya ditutup di Rp 4.200.

Harga saham MCAS sempat menyentuh Rp 4.600 pada perdagangan kemarin setelah dibuka di Rp 4.230. Sementara posisi terendah sempat ada di Rp 4.220.

Total nilai transaksi saham MCAS tercatat mencapai Rp 21,18 miliar dengan total volume saham yang ditransaksikan mencapai 4,67 juta lot.

(das/das)