Kenalan dengan Eng Liang Tan yang Raup Rp 2,3 T Hasil Jual Saham SOHO

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 16:19 WIB
Karyawan mengamati layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (29/09/2014). IHSG berhasil bertahan di zona hijau hingga akhir perdagangan. Indeks itu ditutup pada level 5.142,01 atau rebound 0,18%,Sektor keuangan menjadi pendorong indeks dengan kenaikan 0,77%.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Saham PT Soho Global Health Tbk yang berkode SOHO meroket hingga ke level tertinggi. Bahkan, melewati batas yang diizinkan oleh regulator.

Saham SOHO naik menyentuh batas atas auto reject (ARA) 19,80% ke harga Rp 6.050/saham. Usut punya usut, ternyata kenaikan saham SOHO terjadi setelah investor asing masuk dalam jumlah besar ke saham SOHO melalui pasar negosiasi.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (13/1/2021), investor asing masuk melalui broker PT Indo Premier Sekuritas (PD) dengan melakukan pembelian sebanyak 4.870.808 lot (487 juta saham) di harga Rp 4.700/saham sehingga dana yang digelontorkan mencapai Rp 2,29 triliun.

Broker penjual merupakan broker yang sama yakni PD sehingga ini merupakan transaksi tutup sendiri alias crossing.

Jumlah ini sendiri merupakan 38,37% total saham SOHO yang beredar. Besar kemungkinan Eng Liang Tan yang merupakan pengendali dan Presiden Komisaris perusahaan yang melakukan aksi jual tersebut. Sebab, hanya Eng yang memiliki total saham sebanyak 4,87 juta lot atau 487 juta saham (1 lot isi 100 saham).

Namun siapakah pemilik sekaligus Presiden Komisaris SOHO yang bernama Eng Liang Tan ini?

Eng Liang Tan merupakan generasi kedua keluarga Tan Tjhoen Lim, pendiri SohoGroup. Meskipun bukan pendiri, namun SOHO Group besar di tangan Eng Liang.

Eng Liang merupakan anak laki-laki satu-satunya dari Tan Tjhoen Lim. Dua saudara perempuannya, Tan Giok Nio dan Tan Kin Nio, merupakan seorang ibu rumah tangga.

Tak banyak orang yang mengenal Pria kelahiran Jakarta 16 Juli 1948. Maklum saja, wajah dan profilnya jarang masuk media-media di Tanah Air. Bahkan pria yang menetap di di Australia ini hanya satu bulan sekali ke Indonesia.

Sejatinya Eng Liang sudah mulai bergabung di SOHO cukup lama. Tepatnya setelah kepulangannya ke Indonesia dari Jerman pada 1976.

Mau tahu lebih lengkap soal sosok Eng Liang? KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

(dna/dna)