Tiba-tiba Liar Selama Sepekan, Saham KIOS & FILM Dibekukan

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 16:59 WIB
Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/11/2016). IHSG ditutup meroket hingga 1,57%.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini membekukan sementara (suspensi) 2 saham sekaligus. Kedua saham itu yakni PT MD Pictures Tbk (FILM) dan PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS).

Melansir keterbukaan informasi, Rabu (20/1/2021), suspensi dijatuhkan ke FILM dan KIOS lantaran kedua saham itu mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

"Dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara," tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Donni Kusuma Permana.

Kedua saham itu dalam beberapa hari terakhir memang terus mengalami penguatan signifikan. KIOS misalnya yang tiba-tiba mulai naik sejak 12 Januari 2021. Padahal sebelum tanggal itu selama 1 bulan terakhir KIOS stagnan di kisaran level Rp 130-an.

Saat ini saham KIOS berada di level Rp 565 per lembar. Jika dihitung maka selama seminggu lebih ini saham KIOS sudah naik 324% dari harga Rp 133 per lembar.

Sementara saham FILM mulai bergerak liar sejak 13 Januari 2021. Sebelum tanggal itu saham FILM juga berada di kisaran Rp 190-an.

Saat ini saham FILM berada di level Rp 360 per lembar. Artinya jika dihitung saham FILM sudah naik 86,5% selama 7 hari perdagangan.

BEI pun melakukan penghentian sementara perdagangan saham FILM dan KIOS di pasar reguler dan pasar tunai. Tujuannya untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar guna mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di kedua saham itu.

(das/fdl)