Erick Thohir Ungkap Rahasia Saham BRIS dan ANTM Bisa Melejit

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 20 Jan 2021 17:10 WIB
Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mempertahankan laju positif. IHSG ditutup cetak rekor meski kemarin ada insiden di Gedung BEI.
Foto: detikcom
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkap dua hal yang bikin sejumlah saham BUMN melejit. Sebut saja PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam. Lantas apa rahasia yang bikin saham mereka terbang tinggi?

"Alhamdulillah kemarin saham-saham BUMN sendiri sangat positif di bursa, yang tidak lain karena ada dua hal. Satu, good corporate governance-nya (tata kelola perusahaan yang baik) yang sangat terbuka," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Lalu, faktor kedua, dijelaskan Erick karena BUMN melakukan proyek-proyek masa depan, misalnya saja penggabungan atau merger bank-bank syariah milik BUMN.

"Salah satunya kita memperkuat bagaimana merger bank syariah. Ini salah satunya kita memperkuat bagaimana industri syariah kita menjadi punya bank yang sangat besar dan masuk top 10," paparnya.

Lalu untuk Antam, Erick menjelaskan terlibat dalam proyek pabrik baterai listrik. Dalam hal ini, Antam akan menjadi penyuplai nikel sebagai bahan baku baterai listrik.

"Terbukti, akhirnya orang percaya Antam sebagai penyuplai nikel salah satunya, tentu menjadi saham yang baik," ujarnya.

Kondisi di atas, dijelaskan Erick menunjukkan bahwa pelaku pasar merespons positif kinerja BUMN.

"Ini pertama kali saham BUMN lebih tinggi dari saham LQ45. Ini hal-hal yang saya rasa positif, apresiasi dari pasar secara langsung," tambah Erick.

(toy/zlf)