Beli ORI019 di BRI Dapat Cuan Ganda, Ini Buktinya!

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 20:39 WIB
Direktur Konsumer BRI Handayani
Foto: BRI
Jakarta -

Pemerintah Indonesia resmi menerbitkan instrumen obligasi negara ritel (ORI) seri 019 atau ORI019 untuk masyarakat. BRI menjadi salah satu bank mitra distribusi surat utang negara tersebut yang ditawarkan mulai dari 25 Januari hingga 18 Februari 2021.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyebut Bank Rakyat Indonesia (BBRI) menawarkan ORI019 yang menjanjikan keuntungan bagi pembeli. Hanya dengan modal mulai dari Rp 1 juta, pembeli bisa memperoleh pendapatan tetap setiap bulannya.

"Setidaknya ada dua keuntungan yang diperoleh dengan pembelian ORI019 di BRI. Pertama, kesempatan mendapat imbal balik keuntungan senilai 5,57% setiap tahun," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (26/1/2021).

Kedua, mendapat bonus voucher dari BRI mulai dari 0,02% sampai 0,15%. Bonus ini adalah hadiah langsung bagi 200 pembeli pertama ORI019 di BRI. Selain itu, investasi melalui obligasi relatif aman dan memiliki imbal balik keuntungan yang pasti setiap bulannya.

Ia menekankan pengenalan produk investasi adalah hal penting di tengah semakin banyaknya pilihan bagi masyarakat untuk menempatkan dananya saat ini. Dengan ORI019, masyarakat bisa mulai belajar investasi dari nilai yang kecil dan bersyarat mudah.

ORI019 memiliki periode holding selama satu kali periode pembayaran. Selanjutnya dapat diperdagangkan sebelum jatuh tempo. ORI019 juga bisa jadi pilihan untuk masyarakat yang membutuhkan investasi aman dengan imbal balik keuntungan yang pasti, tapi tidak ingin mengambil risiko tinggi. Selain itu, masyarakat tak perlu khawatir akan kesulitan mencairkan simpanannya di ORI019, karena instrumen investasi ini bisa diperjualbelikan di pasar sekunder dengan nilai imbal hasil yang sama.

"Instrumen ini dijamin keamanannya, terjangkau, sangat likuid dan nilai kuponnya kompetitif. Pemesanan serta pembelian ORI019 juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui BRI," kata Handayani.

Bukti transaksi dan kepemilikan ORI019 juga tersedia dan bisa langsung dikirim ke alamat surel masing-masing pembeli. Dengan model pengiriman bukti secara online, Handayani menegaskan masyarakat tak perlu khawatir kehilangan berkas kepemilikan ORI019.

Instrumen investasi ORI019 menjadi salah satu alternatif yang dapat dipilih di tengah menurunnya suku bunga deposito. Handayani menambahkan partisipasi pada pembelian ORI019 di BRI merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam mendukung pemerintah dalam menggalang dana untuk pengentasan pandemi COVID-19 di Indonesia.

(ncm/mpr)