Vietnam Negara Ekonomi Terbaik 2020 di Asia, RI Urutan Berapa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 28 Jan 2021 15:30 WIB
Bank Dunia memprediksi laju pertumbuhan ekonomi RI tumbuh 4,4% di tahun 2021. Hal itu didasarkan pada peluncuran vaksin yang efektif pada kuartal pertama 2021.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Negara ekonomi terbaik di Asia bukan jatuh kepada China, melainkan Vietnam. Selama 4 kuartal selama 2020 negara itu tidak mengalami resesi sekalipun, negara itu juga mengalahkan Taiwan meski diterpa pandemi COVID-19.

Bagaimana dengan ekonomi Indonesia, ada di urutan berapa di Asia?

Berdasarkan data dari CNBC, yang dikutip Kamis (28/1/2021) dalam statistik kontraksi pertumbuhan PDB ekonomi utama Asia, Indonesia berada di urutan keenam di bawah Pakistan dan Korea Selatan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat di bawah -0,2%.

Meski tercatat masih minus, dari data itu ekonomi Indonesia mengungguli Jepang, Singapura, Malaysia, Hong Kong, hingga Filipina.

Menurut ekonom dari Bank of America perekonomian Vietnam yang kuat kemungkinan akan berlanjut tahun ini. Bank memperkirakan ekonomi Vietnam tumbuh 9,3% pada tahun 2021, tingkat pertumbuhan yang jauh lebih tinggi daripada ekspansi 6,7% yang diproyeksikan oleh Bank Dunia.

Sedangkan Indonesia, berdasarkan catatan detikcom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto percaya ekonomi RI 2021 bisa mencapai 5,5%. Meskipun berbagai lembaga internasional memproyeksi ekonomi RI di 2021 paling mentok tumbuh di level 4,8%.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah membeberkan sejumlah sinyal atau tanda-tanda ekonomi RI mulai pulih dari hantaman COVID-19.

(fdl/fdl)