Penampakan Saham GameStop yang Meroket Diborong Investor Reddit

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 10:36 WIB
gamestop
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Melambungnya harga saham GameStop jadi sorotan. Kenaikan harga tersebut dibuat oleh para investor ritel yang tergabung di forum Reddit.

Pada 27 Januari 2020, saham perusahaan penjual video game itu melonjak tajam sebanyak 143,28% ke level US$ 360. Padahal selama 6 bulan terakhir harga sahamnya masih sangat rendah.

Bila melihat grafik pergerakan harga sahamnya, dalam 6 bulan terakhir nilai saham GameStop landai-landai saja dan cenderung datar. Baru di Januari 2021, harga saham GameStop melesat bak roket.

Melansir CNN, Jumat (29/1/2021), lonjakan harga saham terjadi pasca perusahaan tersebut mengumumkan pada 11 Januari bahwa mereka telah menambahkan tiga direktur baru ke dewannya, termasuk salah satu pendiri Chewy, Ryan Cohen. Investor menyukai Cohen yang menghadirkan pengalaman digital, sesuatu yang sangat dibutuhkan GameStop.

Penampakan Saham GameStopPenampakan Saham GameStop Foto: Dok. Istimewa

Saham GameStop pun naik sedikit kurang dari 13% hari itu. Dua hari kemudian naik 57%, kemudian 27%, dan begitu seterusnya.

Hal itu memang tidak terlepas dari campur tangan investor di forum Reddit yang sedang mengerjai bandar saham. Para bandar ini mengharap keuntungan dengan meminjam saham dan menjualnya kembali di harga pasar, dengan harapan dapat membelinya kembali dengan harga lebih rendah sehingga memperoleh keuntungan dari selisih harga tersebut. Praktik ini biasa disebut short selling. Di sini lah para investor Reddit mengerjai para bandar dengan menaikkan nilai saham GameStop.

Dalam kasus GameStop, investor yang tergabung di forum Reddit terus mengambil opsi membeli saham. Hal itu memaksa investor yang menjual sahamnya untuk melindungi nilai taruhan mereka dengan membeli saham GameStop.

(toy/eds)