Heboh Bandar Dibantai Investor, Facebook Bubarkan Grup Diskusi Saham

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 10:48 WIB
gamestop
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Facebook menghapus grup diskusi saham, Robinhood Stock Traders sebagai reaksi balik atas diskusi yang menyebabkan harga saham GameStop terangkat pada minggu ini.

Melansir Reuters, Jumat (29/1/2021), GameStop, AMC Entertainment Holdings Inc, dan BlackBerry telah menjadi pusat pertempuran pasar saat investor ritel berkoordinasi di media sosial termasuk Reddit.

Mereka menggunakan aplikasi perdagangan seperti Robinhood untuk membeli saham dan memeras para pengelola investasi atau bandar saham yang telah bertaruh besar pada perusahaan-perusahaan di atas.

Allen Tran, 23 tahun dari Chicago yang membuat grup Robinhood Stock Traders mengatakan dia mendapat pemberitahuan bahwa Facebook telah menonaktifkan grup yang beranggotakan 157.000 orang itu.

Pemberitahuan tersebut, yang dilihat oleh Reuters mengatakan tanpa detail bahwa kelompok tersebut melanggar kebijakan tentang eksploitasi seksual orang dewasa.

Beberapa anggota grup tersebut menghasilkan puluhan ribu dolar dalam perdagangan baru-baru ini yang pertama kali dipopulerkan di forum WallStreetBets Reddit.

Tran, yang juga menjalankan grup HaiKhuu Trading yang beranggotakan 20.000 orang di aplikasi obrolan Discord mengatakan dia belum pernah melihat konten dewasa di grup Facebook.

Lalu Facebook mengonfirmasi mengenai penghapusan grup di platformnya, tetapi mereka tidak segera memberikan komentar lebih lanjut.

Kembali ke Tran, dia mengatakan investor institusional mencoba memisahkan pedagang ritel.

Facebook sendiri menangguhkan grupnya pada 7 Januari setelah menandainya sebagai organisasi berbahaya.

"Dengan semua lembaga besar ini frustrasi dengan keberhasilan (investor) ritel, mereka mencoba menargetkan kelompok mana pun yang mereka bisa," kata Tran, yang ditampilkan dalam artikel Wall Street Journal pada November dan menggambarkan grup Facebook-nya sebagai yang terbesar dari jenisnya.

Tran menyatakan keprihatinan bahwa grup pengganti yang dia bentuk untuk melakukan diskusi juga akan dibubarkan.

(toy/eds)