Saham GameStop Anjlok 30% Saat Bursa AS Cerah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 08:57 WIB
Heboh Saham GameStop: Perang Tanding David Lawan Goliath di Lantai Bursa Wall Street
Foto: DW (News)
Jakarta -

Bursa Amerika Serikat (AS) ditutup dengan cerah pada perdagangan saham awal Februari ini. Sejumlah indeks bertengger di zona hijau.

Dow Jones naik 0,8% atau sebanyak 229 poin, S&P 500 naik 1,6% dan Nasdaq naik 2,6%. Namun, saham GameStop terpukul.

Dikutip CNN, Selasa (2/2/2021), saham GameStop ditutup turun 30%. Toko ritel game ini sempat mendominasi Wall Street pekan lalu karena sekelompok investor ritel dalam forum Reddit mendorong saham naik sekitar 400%. Hal itu menyebabkan tekanan pada investor institusi seperti hedge fund.

Kondisi yang terjadi GameStop ini banyak menimbulkan pertanyaan, yakni apakah produk investasi dihargai dengan tepat dan berkaitan dengan demokrasi perdagangan.Tapi, di awal pekan ini indeks saham di seluruh dunia berada di zona hijau.

Para investor Reddit telah beralih ke investasi lain yang lebih bersinar seperti perak. Perak berjangka telah naik sebanyak 10% dan masih bisa naik lagi 9% menjadi lebih dari US$ 29 per ounce.

Sementara, berbagai platform perdagangan dan pialang mengalami masalah menurut Downdetector. Beberapa memberlakukan pembatasan pada saham yang disukai di forum Reddit, termasuk GameStop.

(acd/zlf)