Perang Bandar vs Investor Masih Lanjut?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 10:58 WIB
Pusat bisnis di New York, Wall Street terlihat kosong melompong sebagai dampak
 pandemi Covid-19, Minggu (29/3/2020).
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

Aksi investor ritel melawan bandar di Bursa Amerika Serikat (AS) menarik perhatian banyak pihak belakangan ini. Komoditas lain yakni perak pun menjadi sorotan karena harganya melonjak.

Ulah para investor?

Mengutip CNN, Selasa (2/2/2021), para pengguna di WallStreetBets menyatakan bahwa mereka bukan dalang di balik kenaikan harga tersebut.

Perak berjangka naik 13% pada Senin lalu menyentuh harga tertinggi selama 8 tahun. Kenaikan tersebut melanjutkan kenaikan pada pekan sebelumnya yang telah naik 6%, saat beberapa posting di grup WallStreetBets di Reddit menyerukan untuk bertaruh pada perak sebagai cara merugikan para bank besar atau 'bandar' yang mereka yakini menekan harga.

Sementara, situs ritel memberi peringatan kepada pelanggan selama akhir pekan jika mereka tidak dapat memenuhi permintaan perak yang meroket.

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas menyatakan sedang memantau pasar perak dan waspada dalam mengawasi pasar ini dari penipuan dan manipulasi. Hastag #silversqueeze pun menjadi trending di Twitter.

Senator Elizabeth Warren mengungkapkan kekhawatiran pada hal tersebut pada hari Minggu saat ia meminta SEC untuk menyelidiki.

"Kami sebenarnya tidak tahu siapa semua pemain dalam semua ini - apakah ada banyak uang di kedua sisi," kata Warren kepada CNN.

Pada perdagangan terbaru, perak berjangka naik sektiar 9%. Kemudian saham penambang logam mulia Coeur Mining (CDE) menguat lebih dari 20%, sementara Pan Am Silver (PAAS) naik 11%.

Sebagai informasi, forum Reddit telah mengerek saham GameStop (GME), AMC (AMC) dan saham lainnya minggu lalu. Langkah tersebut mengguncang pasar dan memukul beberapa hedge fund yang bertaruh melawan saham tersebut. Robinhood, aplikasi perdagangan bebas, mendapat kecaman setelah membatasi perdagangan di GameStop dan saham lainnya.

(acd/zlf)