Dow Jones Cetak Rekor, Wall Street Cerah Ceria

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 11 Feb 2021 08:49 WIB
Pusat bisnis di New York, Wall Street terlihat kosong melompong sebagai dampak
 pandemi Covid-19, Minggu (29/3/2020).
Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Jakarta -

Pasar saham Amerika Serikat (AS) kembali cetak rekor. Rekor baru di bursa Wall Street diraih oleh indeks Dow Jones.

Melansir CNN, Kamis (11/2/2021), indeks Dow Jones berhasil naik ke level tertinggi baru sepanjang masa berkat beberapa faktor. Walgreens (WBA) yang akan segera menawarkan vaksin COVID-19 adalah pemain terbaik dalam indeks tersebut.

Pada penutupan perdagangan Rabu, indeks Dow Jones ditutup naik 0,2% atau 62 poin dan menempatkannya pada rekor tertinggi baru. Sedangkan indeks S&P 500 berakhir datar, dan Komposit Nasdaq tergelincir 0,3%.

Sebagai Informasi, Amerika Serikat menghabiskan triliunan dolar untuk membantu negaranya melewati pandemi dan memulihkan ekonomi. Hal itu memicu kekhawatiran atas defisit alias tumpukan utang Amerika.

Tetapi, Ketua Federal Reserve Jerome Powell selama acara virtual dengan Klub Ekonomi New York mengatakan bukan waktunya untuk mengkhawatirkan itu.

"Defisit AS tidak berada pada jalur yang berkelanjutan," kata Powell, tetapi itu bukanlah hal baru dan telah menjadi masalah untuk sementara waktu sekarang.

Namun, sekarang bukan saatnya pelit dengan pengeluaran pemerintah. "Saat itu adalah ketika ekonomi kuat, pengangguran rendah, pajak bergulir. Saat itu akan tiba," kata Bank Sentral.

Suku bunga berada pada tingkat yang sangat rendah sehingga membuat utang baru menjadi sangat murah bagi Amerika Serikat. Beberapa pihak khawatir bahwa ini akan berubah ketika suku bunga naik. Tetapi sekali lagi, Powell mencoba meredakan kekhawatiran itu.

"Kami masih jauh dari situasi di mana kami harus mempertimbangkan bagaimana pemerintah federal harus membiayai dirinya sendiri," tambahnya.

Simak Video: Wall Street Ikut 'Terinfeksi' Virus Corona

[Gambas:Video 20detik]



(toy/zlf)