Cuan Mania! Debut Coinbase Bikin Investor Ketiban Durian Runtuh

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 10:50 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Pemodal ventura Fred Wilson telah berkomitmen untuk berinvestasi di dunia kripto. Sebelum membeli saham Coinbase, Wilson terlebih dahulu menyimpan dan membeli bitcoin di perusahaan pertukaran mata uang digital itu.

"Coinbase adalah tempat saya membeli bitcoin saya dan menyimpannya," tulisnya di situs perusahaannya, Union Square Ventures dikutip dari CNN, Kamis (15/4/2021).

Pada 2013, Fred Wilson pertama kali membeli saham Coinbase sebesar US$ 5 juta pada putaran seri A yang harganya saat itu hanya 20 sen per saham sekitar US$ 20 juta.

"Kami telah memikirkan dan ingin melakukan investasi di ekosistem bitcoin selama beberapa tahun. Hari ini, kami senang dapat berbicara tentang investasi pertama kami di sektor ini," tulis Wilson.

Usai Coinbase debut di Nasdaq, saham Union Square Ventures milik Wilson di Coinbase nilainya naik menjadi US$ 4,6 miliar. Meskipun Union Square memimpin putaran pendanaan seri A Coinbase, perusahaan tersebut bukanlah investor terbesar.

Perusahaan modal ventura, Andreessen Horowitz memiliki saham di bursa kripto senilai sekitar US$ 9,7 miliar. Sekitar tujuh bulan setelah Coinbase Series A, Andreessen memimpin Seri B dengan membeli saham Coinbase US$ 25 juta saat harganya US$ 1 per lembar.

Andreessen Horowitz terus membangun sahamnya di Coinbase, bahkan membeli beberapa saham dari Union Square. Menurut prospektus Coinbase, Andreessen Horowitz membeli saham senilai US$ 57,1 juta pada Oktober 2019 dari Union Square dengan harga US$ 23 per saham.

Sekitar setahun kemudian, Union Square menjual sahamnya di Coinbase US$ 30 juta ke Andreessen dengan harga US$ 28,83 per saham. Secara total Union Square menjual sekitar 28% sahamnya dalam lima transaksi terpisah, dan 3,52 juta saham yang dijual ke Andreessen sekarang bernilai gabungan US$ 1,2 miliar.

Perusahaan ventura yang berfokus pada fintech Ribbit Capital yang ikut memimpin Seri A, adalah investor luar terbesar ketiga Coinbase dengan kepemilikan 12 juta saham, senilai US$ 3,9 miliar. Tiger Global, Institutional Venture Partners, dan DFJ Growth juga juga menjadi perusahaan yang juga membeli saham Coinbase.

Simak juga 'Investasi Bodong EDCCash Dilaporkan ke Bareskrim':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)