Mitsui Borong Obligasi CT Corp, Bukti Tingginya Kepercayaan Asing ke RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 19:42 WIB
Kerja Sama CT Corp-Mitsui
Foto: Kerja Sama CT Corp-Mitsui (Istimewa)
Jakarta -

CT Corp dan Mitsui & Co telah menandatangani kesepakatan kerja sama untuk pembelian obligasi konversi senilai JPY 100 miliar atau sebesar Rp 13,2 triliun dengan asumsi kurs 1 yen Rp 132.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung di Singapura, CEO Mitsui & Co. Kenichi Hore di Tokyo dan Presiden Direktur CT Corp Chairal Tanjung di Jakarta.

Kesepakatan yang terjadi di tengah pandemi COVID-19 ini mencerminkan jika investor asing masih menaruh kepercayaan dengan potensi pasar di Indonesia.

"Kerja sama ini membuka lembaran baru untuk CT Corp dan Mitsui yang mendapatkan value added dari kerja sama ini," kata Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, Jumat (30/4/2021).

Hasil dari pembelian obligasi konversi ini nantinya akan digunakan untuk perluasan bisnis CT Corp di sektor konsumer seperti ritel dan media.

Penerbitan obligasi konversi ini terdiri dari dua tahap masing-masing JPY 67 miliar dan JPY 33 miliar. Sejumlah JPY 33 miliar menggantikan obligasi yang sudah ada dengan jumlah yang sama dengan yang dibeli Mitsui pada November 2018 lalu.

CEO Mitsui & Co. Kenichi Hori mengungkapkan Mitsui saat ini telah menetapkan pangsa pasar di Asia sebagai area fokus strategi dalam rencana manajemen jangka menengah.

"Kami bertujuan untuk menangkap peluang permintaan konsumen yang terus meningkat di Asia dengan membangun kemitraan strategis dan dengan memanfaatkan beragam portofolio dan jaringan global kami untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen Asia," ujar dia.

Kenichi menjelaskan dengan memperkuat aliansi bersama CT Corp melalui langganan ini, Mitsui bermaksud berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan dan evolusi bisnis di berbagai industri yang berhubungan dengan konsumen dan bisa meningkatkan kualitas hidup konsumen Indonesia.

(kil/dna)