Naik Hampir 150%, Saham INTD Dipantau Ketat Bursa

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 06 Mei 2021 12:34 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memantau ketat saham PT Inter Delta Tbk (INTD), Jika dilihat, dalam sepekan harga saham perusahaan naik 149,09%. BEI mengumumkan unusual market activity (UMA) terhadap saham PT Inter Delta Tbk (INTD). Pengumuman ini tertuang dalam surat Peng-UMA-00095/BEI.WAS/05-2021.

Berdasarkan data RTI, Kamis (6/4/2021) dalam sepekan belakangan ini pergerakan saham INTD mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu 149,09% dari Rp 110 per lembar saham menjadi Rp 274 per lembar saham.

Misalnya pergerakan dari tanggal 30 April yang berada di level Rp 110 per lembar naik menjadi Rp 141 per lembar atau 34,29% di 3 Mei.

Harga saham INTD pun dari situ terus mengalami peningkatan, misalnya pada tanggal 4 Mei harga saham ITD ada di level Rp 190 per lembar, dan mengalami kenaikan 66 poin atau 34,74% menjadi Rp 256 per lembar di tanggal 5 Mei.

Pergerakan harga saham INTD pun masih bergerak fluktuatif, pada masa perdagangan sempat kembali menurun ke level Rp 218 per lembar dan naik signifikan ke Rp 274 per lembar, dan saat ini turun lagi 16 poin atau 6,24% menjadi Rp 240 per lembar saham.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa terjadi peningkatan harga samah INTD yang di luar kebiasaan (UMA)," tulis pengumuman yang dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang undangan di bidang Pasar Modal.

Informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi tanggal 5 Mei 2021 yang dipublikasikan melalui website PT Bursa Efek Indonesia (Bursa) terkait penyampaian laporan keuangan tahunan (koreksi).

Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham INTD tersebut, perlu kami sampaikan bahwa BEI saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini. Oleh karena itu para investor diharapkan untuk:

a. Memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa;
b. Mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya;
c. Mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS;
d. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

(hek/zlf)