Alfamart Klarifikasi soal Rights Issue-Bermitra dengan Bank Aladin Syariah

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 07 Mei 2021 13:03 WIB
Logo Alfamart
Foto: alfamartku.com
Jakarta -

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengklarifikasi kabar bermitra dengan PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK). Melalui keterbukaan informasi, perusahaan berkode emiten AMRT ini menjelaskan duduk perkara kabar tersebut.

Awalnya, pengelola jaringan gerai Alfamart ini berencana menerbitkan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue untuk memperkuat kondisi keuangan perusahaan dengan rencana untuk mengembangkan kegiatan usahanya di masa yang akan datang.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, Jumat (7/5/2021), Perseroan berencana untuk right issue maksimal 5 miliar saham dengan nilai Rp 10 per saham.

Nantinya dana yang didapat dari kegiatan tersebut direncanakan untuk melakukan investasi pada perusahaan lain atau penyertaan saham pada perusahaan yang bergerak di bidang berbasis teknologi yang dapat bersinergi secara strategis dengan Alfaria. Tujuannya untuk mendukung kegiatan utama AMRT dan atau belanja modal terkait dengan pengembangan kegiatan usaha perusahaan.

Namun demikian, Perseroan menyebut hubungan dengan Bank Aladin Syariah hanya kerjasama strategis atau seperti dengan perusahaan mitra bisnis lainnya yang bekerjasama bisnis umum.

"Sampai dengan tanggal surat jawaban ini dapat kami sampaikan bahwa Perseroan masih dalam proses penjajakan dan evaluasi atas rencana investasi pada perusahaan lain yang bergerak di bidang berbasis teknologi, oleh karenanya Perseroan belum dapat memberikan informasi terkait hal ini," kata Financial Plan & Reporting Manager AMRT, Lana Pudjianto seperti yang dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

"Manajemen senantiasa menyampaikan informasi penting yang sama dan merata ke semua pemangku kepentingan sesuai dengan mempengaruhi harga saham perusahaan," lanjut keterbukaan informasi BEI.

Meski begitu, Afaria memastikan informasi tersebut tidak berdampak pada kinerja hingga harga saham perusahaan.

(hek/zlf)