Telkomsel Suntik Gojek, Saham TLKM Bisa Terbang Setinggi Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 11 Mei 2021 11:21 WIB
Infografis telkomsel
Ilustrasi/Foto: Dok. detikcom
Jakarta -

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyuntik modal sebesar US$ 300 juta atau setara Rp 4,3 triliun kepada Gojek. Hal itu dinilai sangat bagus untuk sentimen saham induknya PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Salah satu analis industri telekomunikasi yang enggan disebutkan namanya memprediksi saham TLKM bisa mencapai hingga level Rp 3.500 per lembar saham usai menyuntik modal ke Gojek.

"Kalau target prize kita Rp 5.000 untuk TLKM, tapi nggak bakal sampai kalau nggak ada inflow dari asing. Saya rasa kalau TLKM nanti kan kuartal I result bulan ini ya keluar akhir bulan, saya harapkan mungkin Rp 3.300-3.500 dulu harga saham TLKM," katanya kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Kinerja Telkomsel dinilai masih menjanjikan ke depan karena banyak lini bisnisnya yang menunjukkan peningkatan. Begitu juga jika dilihat dari laporan keuangan yang semakin mengalami perbaikan.

"Secara garis besar masih (bagus) karena Telkomsel kan banyak lini bisnisnya. IndiHome juga bagus kinerjanya, lalu dia juga punya data center, dia punya backbone karena ke depan ini kan semuanya berhubungan data itu selalu akan meningkat," tuturnya.

Proyeksi harga saham TLKM ke depan yang menjanjikan juga dikatakan oleh Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi. Namun dia menilai kenaikannya tidak terlalu signifikan, karena kondisi ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Kalau seandainya naik pun misal dari Rp 3.100 jadi Rp 3.110-3.120 ini sudah cukup bagus dengan kondisi saat ini. Kemungkinan besar kalau Rp 3.500 terlalu jauh, bisa saja dia ke Rp 3.350-an kenapa? Karena dalam kondisi resesi Gojek pun tidak terlalu signifikan dibanding sebelum COVID-19," tuturnya.

Ibrahim menyarankan bagi para investor yang mau borong saham TLKM, sekarang adalah waktu yang tepat atau saat sedang mengalami koreksi pada waktu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan.

"Kemungkinan di Rp 3.090-3.080 itu mungkin level yang paling bagus buat investor mengoleksi saham-saham TLKM," sebutnya.

Berdasarkan data perdagangan RTI hari ini pukul 10.45 WIB, pergerakan saham TLKM naik 0,32% atau menguat 10 poin menjadi level Rp 3.180 per lembar saham. Pada penutupan perdagangan di hari sebelumnya, saham TLKM ditutup pada level Rp 3.170 per lembar saham.

Nilai transaksi TLKM sampai saat ini sebanyak Rp 120,85 miliar dengan volume perdagangan sebanyak 37,90 juta lembar saham.

Lihat juga Video: Gojek Dapat Suntikan Rp 4,3 T dari Telkomsel, Bakal Dipakai Buat Apa?

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)