Heboh Saham Meme, Ada yang Naik Sampai 109%

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 09:02 WIB
Ilustrasi saham
Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir
Jakarta -

Saham Clover Health Investments Corp melonjak sebanyak 109% pada hari Selasa. Saham Clover Health diserbu para investor ritel, dan masuk dalam grup 'saham meme'. Hal ini mendorong reli gila-gilaan saham tersebut.

Dilansir dari Reuters, Rabu (9/6/2021) investor ritel telah melakukan jual beli saham Clover Health senilai lebih dari US$ 14 miliar. Melampaui nilai pasar saham perusahaan secara keseluruhan sekitar US$ 9 miliar.

Fenomena saham meme sendiri dimulai dengan peristiwa naiknya saham GameStop Corp (GME.N) pada bulan Januari, dan menyebar ke operator bioskop AMC Entertainment Holdings Inc pada bulan Mei.

Saham meme adalah saham yang menjadi pusat pembelian oleh investor ritel yang saling melempar rekomendasi saham di media sosial. Awalnya, di kasus GameStop, saham 'digoreng' oleh forum di Reddit yaitu WallStreetBets.

Saham Clover Health ditutup naik 85,8% pada harga US$ 22,15 per lembar saham setelah sebelumnya mencapai rekor tertinggi US$ 24,93.

Saham ini memiliki volume perdagangan tertinggi di bursa AS Selasa, setidaknya lebih dari 700 juta saham berpindah tangan dibandingkan rata-rata sekitar 30 juta selama 10 hari terakhir.

Saham Clover Health sendiri telah naik perlahan sejak akhir Mei. Saham ini juga dikabarkan pernah menjadi target laporan penjual pendek Hindenburg pada Februari.

Clover Health sendiri punya bekingan modal dari pengusaha modal ventura Chamath Palihapitiya. Dia membawa perusahaan itu ke publik melalui merger dengan perusahaan cek kosongnya pada Oktober 2020.

Di antara saham yang memanas lainnya pada hari Selasa, saham Wendy's juga ikut melonjak 26%. Awalnya dikabarkan saham ini hangat dibicarakan di WallStreetBets setelah ada yang memuji profil Twitter penjual hamburger itu.

Saham GameStop pun naik 7,1%. Perusahaan permainan digital ini baru saja mengadakan rapat pemegang saham tahunan dan melaporkan hasil kuartalan pada hari Rabu.



Simak Video "Unik, Pemuda Sultra Menikah dengan Mahar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

Tag Terpopuler