Paul Pogba Pindahkan Botol Bir, Begini Pergerakan Sahamnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 16 Jun 2021 20:45 WIB
Pabrik Bir Bintang
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Paul Pogba bikin heboh saat jumpa pers Euro 2020. Pemain Prancis ini tertangkap kamera menyingkirkan botol bir Heineken yang ada di depan matanya.

Heineken merupakan salah satu sponsor Euro 2020. Tingkah Pogba sendiri mirip seperti yang dilakukan kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo, bedanya Ronaldo menyingkirkan botol Coca-Cola.

Nah, akibat tindakan Ronaldo, saham Coca-Cola merosot seketika dan membuat perusahaan rugi Rp 57,6 triliun di pasar saham. Lalu apakah tindakan Pogba ikut mempengaruhi saham Heineken?

Di Indonesia, Heineken merupakan pemegang saham mayoritas emiten produsen bir PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI). Perusahaan ini menjadi produsen bir Bintang dan Heineken di Indonesia.

Sejak 2013, Heineken yang botolnya dipindahkan Paul Pogba menjadi pemilik mayoritas saham MLBI. Komposisi terkini, dilansir dari RTI, Rabu (16/6/2021), Heineken memegang kendali MLBI dengan porsi saham 81,78%, dan sisanya dipegang publik sebesar 18,22%.

Dalam perdagangan saham hari ini, MLBI ditutup stagnan, tidak naik tidak juga turun, tepatnya di level Rp 8.700 per lembar saham.

Namun, apabila dilihat pergerakannya, MLBI seharian berada di zona merah. Paling dalam MLBI menyentuh level Rp 8.600 per lembar saham hari ini. Saham MLBI diperdagangkan 84 kali dengan nilai transaksi Rp 296 juta.

Sementara itu, saham utama Heineken diperdagangkan di Amsterdam, Belanda. Posisi terkini saham produsen bir internasional ini sedang menguat di zona hijau.

Posisi terakhir Heineken menguat 1,28 poin ke level 99,46 euro per lembar saham. Heineken yang berkode saham HEIA dibuka di level 98,02 euro per lembar saham.

(hal/ara)