Saham Coca-Cola Kemarin Anjok Gara-gara Ronaldo, Hari Ini Gimana Ya?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 13:45 WIB
Cristiano Ronaldo
Foto: Dok. Dugout/Onefootball
Jakarta -

Saham Coca-Cola hari ini gimana ya? Kemarin-kemarin kan anjlok parah tuh.

Kok bisa anjlok? Gara-gara ada botol Coca-Cola disingkirkan Cristiano Ronaldo saat konferensi pers Euro 2020.

Gila. Gestur yang sepertinya sederhana Ronaldo itu ternyata berpengaruh sangat besar ya. Lalu hari ini bagaimana pergerakan sahamnya?

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Kamis (17/6/2021), saham Coca-Cola pada penutupan perdagangan Rabu waktu setempat anjlok 1,35% ke level US$ 54,67 per lembar.

Sepertinya penurunan harga saham produsen minuman ringan itu masih belum berhenti setelah kejadian kemarin. Detail kejadiannya begini.

Jadi begini, Ronaldo mendampingi pelatih Fernando Santos untuk menjawab pertanyaan media jelang pertandingan Portugal melawan Hungaria pada Senin (14/6/2021). Saat itu botol Coca-Cola ditempatkan di mejanya.

Di masing-masing meja diletakkan dua botol Coca-Cola. Setelah menempati kursinya, Ronaldo langsung menyingkirkan minuman bersoda itu ke sisi kirinya sehingga tidak tampak dari sorotan kamera televisi.

Ronaldo kemudian mengambil sebuah botol plastik berisi air yang juga ada di dekat dia. Pemain andalan Juventus itu mengatakan agar lebih baik minum air saja ketimbang Coca-Cola.

Kerugian hingga Rp 57 Triliun

Ulah Ronaldo itu langsung berdampak buruk pada pergerakan saham Coca-Cola. Sebelumnya, pada Senin (14/6) saham minuman bersoda itu dibuka US$ 56,1, namun usai ada insiden itu saham turun menjadi US$ 55,2.

Terjadi penurunan 1,6% pada saham Coca-Cola dan menyebabkan kerugian US$ 4 miliar atau sekitar Rp 57,6 triliun (kurs Rp 14.400). Meski begitu, saat ini kapitalisasi pasar Coca-Cola masih mencapai US$ 238,35 miliar dan harga saham mulai naik perlahan menjadi US$ 55,29.

(ang/dna)